Septianingsih, Evi Dwi (2025) PENGARUH SKILL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI MENGIKUTI PPG TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI SEORANG GURU (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030007.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (490kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (522kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (994kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (372kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030007_0711098201_0719108702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya minat mahasiswa Program Studi Kependidikan dalam menekuni profesi guru sebagai luaran utama dari Program Studi. Berdasarkan wawancara awal, ditemukan bahwa sebagian mahasiswa masih ragu dengan skill yang dimiliki, kurang mendapat dukungan dari lingkungan keluarga, dan motivasi yang rendah untuk mengikuti PPG. Hal tersebut dapat mempengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh skill, lingkungan keluarga, dan motivasi mengikuti PPG secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa menjadi seorang guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan subyek penelitian mahasiswa tingkat akhir Program Studi kependidikan di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Populasi penelitian ini sebanyak 618 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 243 mahasiswa, pemilihan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data penelitian melalui penyebaran kuesioner google form pada masing-masing grup angkatan tingkat akhir di setiap Prodi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Skill memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,331. (2) Lingkungan keluarga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,303. (3) Motivasi mengikuti PPG memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,356. (4) Secara simultan variabel skill, lingkungan keluarga, dan motivasi mengikuti PPG berpengaruh signifikan terhadap variabel minat mahasiswa menjadi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. (3) Motivasi mengikuti PPG berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru. (4) Skill, lingkungan keluarga, dan motivasi mengikuti PPG secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | skill, family environment, motivation to participate in PPG, interest becoming a teacher. |
Subjects: | 710 Education science > 723 Economic education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 795 Educational psychology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Evi Dwi Septianingsih |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:45 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19613 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH SKILL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI MENGIKUTI PPG TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI SEORANG GURU (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH SKILL, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI MENGIKUTI PPG TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI SEORANG GURU (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI KEPENDIDIKAN TINGKAT AKHIR DI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI). (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |