Rahmana, Putri Naning (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEDATI (PETA BUDAYA JAWA TIMUR) MATERI KERAGAMAN BUDAYA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN PAGUNG 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060212.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060212_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (875kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (870kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (70kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060212_0705069001_0706128701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa kelas IV SDN Pagung 1. Berdasarkan hasil observasi, diketahui dalam kegiatan pembelajaran guru menyampaikan materi pembelajaran tidak mengunakan media pembelajaran dan hanya berpedoman pada buku paket dan LKS sebagai media belajar. Hal tersebut dirasa kurang maksimal dalam penyampaian materi sehingga banyak siswa yang belum mengetahui keragaman budaya yang ada. Dapat dibuktikan dengan hasil ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya di SDN Pagung 1 dari 26 siswa terdapat 15 siswa (57,6%) tidak mencapai ketuntasan nilai KKTP dengan rata-rata yang diperoleh adalah 68,86, sedangkan 11 siswa (42,3%) memperoleh nilai diatas KKTP dengan nilai rata-rata nilai 78,63, dengan KKTP muatan IPAS kelas IV adalah 75. Tujuan penelitian ini yaitu (1)Mengetahui kevalidan Multimedia Interaktif PEDATI (Peta Budaya Jawa Timur) materi keberagaman budaya mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN Pagung 1. (2) Mengetahui kepraktisan Multimedia Interaktif PEDATI (Peta Budaya Jawa Timur) materi keberagaman budaya mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN Pagung 1. (3) Mengetahui keefektifan multimedia interaktif PEDATI (Peta Budaya Jawa Timur) materi keberagaman budaya mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN Pagung 1. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, dan soal evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi yang diperoleh dari validator materi mencapai 95% dan validator media memperoleh 89%. Maka hasil kevaidan multimedia interaktif PEDATI memeperoleh rata-rata nilai persentase 92% dengan kriteria sangat valid.(2) Hasil angket respon guru memperoleh 96% dan hasil angket respon siswa memperoleh 83%. Maka hasil kepraktisan dari multimedia interaktif PEDATI memperoleh kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari analisis soal evaluasi nilai persentase klasikal hasil ketuntasan belajar siswa memperoleh 94,4% dengan kriteria sangat efektif. Maka, disimpulkan bahwa multimedia interaktif PEDATI (Peta Budaya Jawa Timur) materi keragaman budaya kelas IV SDN Pagung 1 yang dikembangkan dinyatakan, valid, praktis, dan efektif. Sehingga layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, PEDATI, Keragaman Budaya |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Putri Naning Rahmana |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:36 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |