PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF NEARPOD PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SDN TIRON 4

Olaini, Dina Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF NEARPOD PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SDN TIRON 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060054.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060054_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (803kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060054_0704078402_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari dari hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran kelas IV SDN Tiron 4. Pembelajaran IPAS pada materi perubahan bentuk energi masih menggunakan media konvensional dan belum memanfaatkan teknologi serta pembelajaran bersifat teacher center. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan lebih suka berbicara sendiri dengan sesame teman sehingga capaian pembelajaran tidak tercapai yang dibuktikan dengan nilai dari 10 siswa yang berada di bawah KKTP. Masalah tersebut diatasi dengan mengembangkan media interaktif nearpod. Tujuan Penelitian untuk (1) mengetahui kevalidan media interaktif nearpod pada materi perubahan bentuk energi kelas IV SDN Tiron 4, (2) mengetahui keefektifan media interaktif nearpod pada materi perubahan bentuk energi kelas IV SDN Tiron 4, (3) mengetahui kepraktisan media interaktif nearpod pada materi perubahan bentuk energi kelas IV SDN Tiron 4. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SDN Tiron 4 yang berjumlah 22 siswa. Pada penelitian ini menggunakan uji coba terbatas terhadap 6 siswa dan uji coba luas terhadap 16 siswa. Hasil penelitian ini yaitu (1) media pembelajaran interaktif nearpod dinyatakan sangat valid setelah diujikan pada validator ahli media dan ahli materi dengan perolehan skor 82% dari ahli media dan 96% dari ahli materi dengan rata-rata skor 89%. (2) media pembelajaran interaktif nearpod dinyatakan sangat praktis setelah memperoleh data angket respon guru dan respon siswa yang memperoleh skor 92% dari respon guru, 93% dari respon siswa secara terbatas, dan 89% dari respon siswa secara luas. (3) Media pembelajaran interaktif nearpod dinyatakan sangat efektif berdasarkan hasil nilai siswa yang memperoleh presentase ketuntasan 83% dari uji coba terbatas dan 87,5% dari uji coba luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, Nearpod, Perubahan bentuk energi
Subjects: 660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dina Nur Olaini
Last Modified: 06 Aug 2025 03:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19191

Actions (login required)

View Item View Item