Setyowati, Helma Ayu (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIASAAN 5S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, SANTUN) TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN BURENGAN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060269.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060269_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (608kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (417kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060269_0714118402_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa sejak usia dini, khususnya di jenjang sekolah dasar. Dalam menghadapi tantangan zaman dan pengaruh lingkungan luar seperti media sosial, sekolah perlu menanamkan nilai-nilai positif secara konsisten. Salah satu pendekatan yang digunakan di SDN Burengan 2 Kota Kediri adalah implementasi kebiasaan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun). Program ini menjadi bagian dari budaya sekolah untuk membentuk karakter disiplin siswa, yang diharapkan berdampak pada peningkatan sikap tanggung jawab, keteraturan, dan kepatuhan terhadap aturan. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi kebiasaan 5S terhadap karakter disiplin siswa kelas V di SDN Burengan 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana peran guru dalam menanamkan kebiasaan 5S kepada siswa? (3) Apa saja faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan kebiasaan 5S di sekolah tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam pelaksanaan kebiasaan 5S dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peran guru serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi program tersebut di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebiasaan 5S telah dilaksanakan secara konsisten di SDN Burengan 2 dan menjadi bagian dari budaya sekolah. Siswa yang terbiasa menerapkan 5S menunjukkan perilaku disiplin yang baik, seperti datang tepat waktu, mematuhi aturan kelas, dan menghargai guru serta teman. Peran guru sebagai teladan sangat menentukan keberhasilan program ini, meskipun masih terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya pengawasan di luar kelas dan pengaruh lingkungan keluarga. Secara keseluruhan, kebiasaan 5S terbukti efektif dalam membentuk karakter disiplin siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | 5S Habit, Character Education, Disciplined Character |
Subjects: | 710 Education science > 731 Sociology education (social sciences) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Helma Ayu Setyowati |
Last Modified: | 05 Aug 2025 13:34 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |