Wijayanto, Bagus (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITITION INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_87203_2112030013.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
![]() |
Text (Similarity)
BAGUS_87203_2112030013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (747kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (604kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (373kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (402kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (519kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (157kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (167kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030013_0005086802_0711098201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Rendahnya motivasi belajar siswa pada materi Persamaan Dasar Akuntansi di kelas X SMK PGRI 3 Kediri disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan inovasi melalui penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Model AIR dirancang untuk mengoptimalkan aspek pendengaran, kemampuan berpikir, dan pengulangan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tindakan, dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan mencakup pretest dan posttest, angket motivasi belajar (intrinsik dan ekstrinsik), serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan setelah penerapan model AIR. Nilai posttest siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil pretest. Pada motivasi intrinsik, sebelum tindakan, 80% siswa berada dalam kategori cukup dan 20% dalam kategori kurang. Setelah tindakan pada siklus II, terjadi peningkatan hingga 62,7% siswa berada dalam kategori sangat tinggi. Demikian pula dengan motivasi ekstrinsik, yang awalnya hanya 50% siswa berada pada kategori tinggi, meningkat menjadi 51,21% kategori tinggi dan 29,26% kategori sangat tinggi pada siklus II. Secara keseluruhan, tingkat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 45% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Selain itu, observasi terhadap aktivitas guru dan siswa juga menunjukkan perbaikan yang signifikan. Aktivitas pembelajaran meningkat dari 74% pada siklus I (kategori cukup) menjadi 91% pada siklus II (kategori sangat baik), mencerminkan keberhasilan dalam mengelola kelas serta meningkatnya partisipasi aktif siswa. Angket respon siswa menunjukkan bahwa rata-rata persentase setiap butir pernyataan meningkat dari 75% (kategori cukup) pada siklus I menjadi lebih dari 81% (kategori sangat tinggi) pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa model AIR mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menarik, dan bermakna bagi siswa, serta efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model AIR, motivasi belajar, aktivitas siswa, hasil belajar, pembelajaran aktif. |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 710 Education science > 723 Economic education 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Bagus Wijayanto |
Last Modified: | 05 Aug 2025 11:41 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19002 |
Available Versions of this Item
-
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITITION INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED)
- IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AUDITITION INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KOTA KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |