Karisma, Ninda Bela (2025) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK PGRI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_87205_2114030016.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87205_2114030016_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (475kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (872kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (413kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030016_0719036102_0024086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa terdapat beberapa hambatan yang terjadi selama pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Beberapa hambatan terjadi diantaranya adalah keterbatasan dalam menggunakan media pembelajaran, siswa menganggap mata Pelajaran Pendidikan Pancasila sebagai mata Pelajaran yang membosankan. Sehingga menyebabkan minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran dengan media berbasis canva yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi asas-asas kewarganegaraan pada siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 2 Kota Kediri? (2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran dengan media berbasis canva yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asas-asas kewarganegaraan pada siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 2 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 2 Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan instrument berupa Modul Pembelajaran, lembar angket, dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Canva dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X AK 2 SMK PGRI 2 Kota Kediri. Hal ini dapat di lihat dari hasil tes siswa bahwa pada siklus I ketuntasan atau persentase siswa yang tuntas sebanyak 29,2% dan pada siklus II menunjukan 86,3%, sedangkan berdasarkan angket minat belajar siswa, terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan minat belajar siswa pada saat siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan yaitu berada pada kategori sedang, dengan persentase 75%, meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat tinggi, dengan persentase 87%. Kesimpulan pada hasil penelitian ini adalah Media pembelajaran berbasis Canva terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Dengan desain yang unik, interaktif, dan visual yang menarik, Canva mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan mudah dipahami. Fitur-fitur kreatif di dalam media Canva membantu guru menyampaikan materi secara lebih komunikatif dan tidak monoton, sehingga siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan meningkatnya minat siswa dalam proses pembelajaran, secara tidak langsung berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Pancasila, Canva, Media Belajar |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ninda Bela Karisma |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:28 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |