Paranto, Ersava Rafael Andrasmara (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BAGIAN TUBUH TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SDN PARE 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060310.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060310_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (964kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_01_front_ref (2).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (539kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (545kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (132kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (149kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060310_0708087703_0728129001_07_lam.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran IPA pada hakikatnya adalah berkontak langsung dengan objek IPA, sehingga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. akan tetapi, terkadang guru sebagai fasilitator memiliki kemampuan yang terbatas dalam mengadakan alat dan bahan yang mendukung dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara serta hasil analisis angket siswa kelas IV SDN Pare 1, diketahui bahwa siswa kurang aktif dan sulit memahami materi bagian tumbuh-tumbuhan. Hal tersebut dilatar belakangi oleh terbatasnya media pembelajaran dan fasilitas yang ada di sekolah. Dalam pembelajaran guru menggunakan buku pelajaran dan gambar dari internet. 56 siswa lebih menyukai belajar dengan berbasis teknologi dan sebanyak 60 siswa menyukai media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book berbasis QR Code untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media Pop Up Book berbasis QR Code materi bagian tubuh tumbuhan yang valid menurut ahli materi dan media serta praktis dan efektif menurut pengguna (guru). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara kepada guru, angket kebutuhan oleh siswa, angket respon pengguna oleh guru dan siswa, angket validasi oleh ahli materi dan ahli media serta guru, dan soal pre-test post-test untuk siswa. Teknik analisis data pada hasil validasi data respon dihitung dengan persentase skor rata-rata setiap aspek. Pada uji validitas, berdasarkan nilai dari kedua validator, media Pop Up Book berbasis QR Code memperoleh nilai rata-rata 89,165% dengan kategori layak digunakan tanpa adanya revisi. Kemudian hasil uji kepraktisan produk oleh pengguna melalui angket respon pengguna mendapatkan rata-rata 96% oleh guru dengan kategori sangat praktis, lalu 96,1% dan 95,4% oleh siswa dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas dari kegiatan pre-test dan post-test mendapatkan rata-rata 88,85% dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media Pop Up Book berbasis QR Code yang telah memenuhi kategori pada uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pop Up Book, QR Code, Bagian Tubuh Tumbuhan |
Subjects: | 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ersava Rafael Andrasmara Paranto |
Last Modified: | 05 Aug 2025 09:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |