Febriyanti, Amanda risa (2025) PENGARUH METODE JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI SDN TAROKAN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060122.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060122_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060122_0006096801_0070208502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting yang diajarkan sejak dini, namun dalam praktiknya sering menjadi mata pelajaran yang paling dihindari oleh siswa.Permasalahan utama yang terjadi adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi matematika, khususnya pada operasi perkalian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Tarokan, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan terlalu berfokus pada hafalan, seperti hitung susun atau penghafalan tabel perkalian, yang membuat siswa mudah merasa jenuh, bosan, dan kesulitan mengingat. Keadaan tersebut akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan metode jarimatika, sebuah teknik berhitung dengan menggunakan jari tangan yang bersifat visual dan kinestetik. Metode ini diyakini mampu membantu siswa memahami konsep perkalian secara konkret, meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran, serta mempermudah proses perhitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode jarimatika terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi perkalian. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (SDN Tarokan 3) yang menggunakan metode jarimatika dan kelas kontrol (SDN Tarokan 4) yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes (pretest dan posttest) serta rubrik penilaian psikomotor. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, anacova, dan uji T menggunakan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode jarimatika dengan yang tidak menggunakan metode tersebut, dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 (<0,05). Rata-rata capaian psikomotor siswa dalam kelompok eksperimen juga tinggi, yaitu 87,70. Temuan ini membuktikan bahwa metode jarimatika memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, baik dari segi kognitif maupun psikomotor. Penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru dan sekolah dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai, serta menegaskan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode jarimatika, hasil belajar, perkalian |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Amanda Risa Febriyanti |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |