Wulandari, Pita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAKABI (PAPAN KANTONG BILANGAN) MATERI NILAI TEMPAT BILANGAN UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI TIRON 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060106.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMAI_86206_2114060106_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (954kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (236kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060106_0704078402_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara. Berdasarkan kegiatan pembelajaran matematika materi nilai tempat bilangan di SD Negeri Tiron 4 Kabupaten Kediri, bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang hanya terpacu pada buku paket dan LKS. Waktu pembelajaran berlangsung guru kurang memanfaatkan media pembelajaran dalam menyampaikan materi, sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran matematika dan mengakibatkan siswa kurang memahami materi dan hasil belajar siswa kurang maksimal. Jumlah siswa kelas II di SD Negeri Tiron 4 Sebanyak 21 siswa. Dari 21 siswa yang ada di kelas II hanya 7 siswa yang mendapatkan nilai cukup tinggi di atas KKTP dan 14 siswa masih tedapat kendala dalam proses pembelajaran. Nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dibawah nilai minimum yaitu rata-rata dibawah 75. Guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran PAKABI (Papan Kantong Bilangan) pada materi nilai tempat bilangan untuk siswa kelas II SD Negeri Tiron 4. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran PAKABI (Papan Kantong Bilangan) pada materi nilai tempat bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE, model ini ada 5 tahapan yaitu, (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Penerapan, (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini siswa kelas II SD Negeri Tiron 4. Pada penelitian ini menggunakan uji coba terbatas dan uji coba luas. Penelitian ini menggunakan 2 teknik analisis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari validasi media dan validasi materi. Sedangkan analisis data kuantitatif dieroleh dari hasil skor validasi media dan validasi materi. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran PAKABI (Papan Kantong Bilangan). Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Media PAKABI (Papan Kantong Bilangan) dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan di Sekolah Dasar karena memperoleh hasil validasi media sebesar 82% dan hasil validasi materi memperoleh skor sebesar 95% dengan rata-rata sebesar 88,5%. (2) Media PAKABI (Papan Kantong Bilangan) dinyatakan sangat parktis karena memperoleh rata-rata skor sebesar 94% yang didapatkan dari angket respon guru dan angket respon siswa terbatas. (3) Media PAKABI (Papan Kantong Bilangan) dinyatakan sangat efektif karena memperoleh hasil ketuntasan 83% pada uji coba terbatas dan 86% pada uji coba luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Nilai Tempat Bilangan, Matematika |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pita Wulandari |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:32 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |