ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Ivanka, Nova Tya Tri (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_84202_2015010014.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010014_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010014_0710016401_0717127601_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nova Tya Tri Ivanka: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil Dan Faktor Persekutuan Terbesar Berdasarkan Teori Newman, Skripsi, Pendidikan Matematika, FIKS Universitas Nusantara PGRI Kediri 2024. Kata Kunci : kesalahan, soal cerita, teori newman, KPK dan FPB Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan siswa dalam pemecahan masalah matematika dan tidak sejalannya dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika menurut Permendiknas No.22 Tahun 2006 yaitu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah. Salah satu penerapan pemecahan masalah dalam matematika adalah soal cerita. Selain itu hasil wawancara peneliti dengan guru kelas 5 SD menyatakan bahwa kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) termasuk salah satu materi yang terbilang sulit bagi peserta didik, khususnya pada soal cerita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir pada siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil tes dan wawancara yang dilakukan pada subyek SN, NS, RF dapat disimpulkan bahwa kesalahan membaca, pada subyek SN tidak melakukan kesalahan, NS dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan memahami, pada subyek SN tidak melakukan kesalahan, NS dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan transformasi, pada subyek SN melakukan kesalahan pada 1 soal, sementara NS melakukan kesalahan transformasi pada 2 soal dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan keterampilan proses, subyek SN melakukan kesalahan pada 1 soal, sementara NS melakukan kesalahan pada 2 soal dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan penulisan jawaban akhir, subyek SN melakukan kesalahan pada 1 soal, sementara NS melakukan kesalahan transformasi pada 2 soal dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nova Tya Tri Ivanka: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil Dan Faktor Persekutuan Terbesar Berdasarkan Teori Newman, Skripsi, Pendidikan Matematika, FIKS Universitas Nusantara PGRI Kediri 2024. Kata Kunci : kesalahan, soal cerita, teori newman, KPK dan FPB Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan siswa dalam pemecahan masalah matematika dan tidak sejalannya dengan salah satu tujuan pembelajaran matematika menurut Permendiknas No.22 Tahun 2006 yaitu bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah. Salah satu penerapan pemecahan masalah dalam matematika adalah soal cerita. Selain itu hasil wawancara peneliti dengan guru kelas 5 SD menyatakan bahwa kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) termasuk salah satu materi yang terbilang sulit bagi peserta didik, khususnya pada soal cerita. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi dan kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir pada siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil tes dan wawancara yang dilakukan pada subyek SN, NS, RF dapat disimpulkan bahwa kesalahan membaca, pada subyek SN tidak melakukan kesalahan, NS dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan memahami, pada subyek SN tidak melakukan kesalahan, NS dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan transformasi, pada subyek SN melakukan kesalahan pada 1 soal, sementara NS melakukan kesalahan transformasi pada 2 soal dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan keterampilan proses, subyek SN melakukan kesalahan pada 1 soal, sementara NS melakukan kesalahan pada 2 soal dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan. Kesalahan penulisan jawaban akhir, subyek SN melakukan kesalahan pada 1 soal, sementara NS melakukan kesalahan transformasi pada 2 soal dan RF melakukan kesalahan pada ketiga soal yang diberikan.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Tya Tri Ivanka
Last Modified: 22 Aug 2024 09:39
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16931

Actions (login required)

View Item View Item