A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Auliya', Ahmad Nur (2024) A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2015010021.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (347kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (95kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010021_0707067003_0002026403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010021_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat motivasi belajar yang rendah menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan dalam memahami dan menguasai konsep - konsep matematika. Penelitian ini ingin mengetahui upaya-upaya yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. (2) Tingginya persepsi negatif terhadap mata pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit yang disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar. (3) Belum banyak penelitian Systematic Literature Review (SLR) terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran matematika dari tahun 2020-2024. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan artikel yang sudah di publish di google scholar. Dalam proses menentukan data yang sesuai, peneliti memanfaatkan protokol PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Berdasarkan kajian 20 artikel, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan upaya yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Sedangkan untuk media pembelajaran yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah Augmented Reality. Selain Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Media pembelajaran Augmented Reality terdapat beberapa upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika, antara lain yaitu dengan menerapkan Discovery Learning, Make A Match, Realistic Mathematic Education, PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), Teams Games Tournament, Matematika Realistik, Project Based Learning, Gamifikasi, E- Learning. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri untuk meningkatkan motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 122 Statistics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Ahmad Nur Auliya
Last Modified: 16 Aug 2024 18:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16266

Actions (login required)

View Item View Item