PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS BENTUK-BENTUK INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI BULUSARI

Nadidah, Mu'fidatus Sayyidan (0002) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS BENTUK-BENTUK INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI BULUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060062.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060062_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (246kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060062_0710059001_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi di SD Negeri Bulusari 2 dan SD Negeri Bulusari 3 masalah dasar yang dihadapi adalah guru belum mnggunakan media pembelajaran atau alat bantu dalam proses belajar mengajar di kelas. Guru hanya menggunakan buku paket dan metode ceramah, sehingga siswa merasa bosan, tidak aktif, dan pembelajaran terkesan monoton. Hal itu, berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui kevalidan media video animasi interaksi manusia dengan lingkungan kelas V SD Negeri Bulusari. 2) Mengetahui keevektifan media video animasi interaksi manusia dengan lingkungan kelas V SD Negeri Bulusari. 3) Mengetahui kepraktisan media video animasi interaki manusia dengan lingkungan kelas V SD Negeri Bulusari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Bulusari 2 sebanyak 5 siswa dan SD Negeri Bulusari 3 sebanyak 23 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan hasil belajar siswa berupa pre test dan post test. Hasil penelitian pengembangan ini adalah 1) Media pembelajaran video animasi mendapatkan nilai rata – rata 94% dari validasi ahli media dan validasi ahli materi, artinya nedia pembelajaran yang dibuat sudah sangat valid untuk digunakan tanpa revisi. 2) Media pembelajaran video animasi pada uji coba terbatas mendapatkan nilai rata rata 88% dan pada uji coba luas mendapatkan nilai rata rata 95%, artinya media pembelajaran yang dibuat sudah sangat praktis digunakan. Nilai tersebut diperoleh dari angket guru dan angket siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas. (3) Media pembelajaran video animasi dinyatakan sangat efektif, sebab hasil ketuntasan klasikal siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video animasi, menganalisis
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mu'fidatus Sayyidan Nadidah
Last Modified: 15 Aug 2024 01:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item