Kartikasari, Dyah Ratih (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS MOTION GRAPHIC PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI DI KELAS V SDN SATAK 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060149.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060149_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (181kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (915kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (197kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060149_0710059001_0719048206_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara dengan menyebarkan angket kepada siswa dan guru di kelas V SDN Satak 2 Kediri. Dari hasil observasi diketahui bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami materi siklus hidrologi. Permasalahan tersebut dilihat dari angket guru bahwasannya guru masih menggunakan media yang berupa gambar dalam proses pembelajaran sehingga siswa masih kurang memahami materi siklus hidrologi yang sudah disampaikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran digital berbasis Motion Graphic yang berupa video animasi pada materi siklus hidrologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran motion graphic pada mata pelajaran IPA materi siklus hidrologi di kelas V SDN Satak 2 Kediri? (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran motion graphic pada mata pelajaran IPA materi siklus hidrologi di kelas V SDN Satak 2 Kediri? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan media pembelajaran motion graphic pada mata pelajaran IPA materi siklus hidrologi di kelas V SDN Satak 2 Kediri?. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas media digital berbasis motion graphic pada materi siklus hidrologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Satak 2 Kediri. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi media, angket validasi materi, lembar respon guru, lembar respon siswa dan soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran digital berbasis motion graphic adalah sebagai berikut: 1) Hasil validasi media memenuhi kriteria presentase nilai sebesar 86%, validasi materi 100% berarti media yang dikembangkan dapat dinyatakan sangat valid, 2) Hasil keefektifan media yang di kembangkan dapat dilihat dari menyebarkan soal evaluasi kepada siswa kelas V, pada uji skala terbatas mendapatkan skor presentase sebesar 86% dan masuk dalam kategori sangat efektif, 3) Hasil kepraktisan angket respon guru yang dikembangkan berupa media digital berbasis motion graphic memenuhi kriteria presentase nilai sebesar 92% dinyatakan sangat praktis, dan hasil kepraktisan angket respon siswa yang dikembangkan berupa media digital berbasis motion graphic diperoleh dari hasil respon siswa pada presentase nilai sebesar 100%, dan masuk dalam kategori sangat praktis. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital berbasis Motion Graphic valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Motion Graphic Based Digital, Water Cycle |
Subjects: | 200 Animal science > 215 Animal husbandry development 200 Animal science > 216 Animal production 200 Animal science > 230 Fisheries science 660 Art, design and media > 700 Media science 660 Art, design and media > 704 Graphic (and publishing) 660 Art, design and media > 706 Design |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dyah Ratih Kartikasari |
Last Modified: | 14 Aug 2024 04:22 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15242 |
Actions (login required)
View Item |