PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB WORDPRESS PADA MATERI DIAGRAM LINGKARAN KELAS IV SDN DAWUHANLOR

Anggraini, Merita Dewi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB WORDPRESS PADA MATERI DIAGRAM LINGKARAN KELAS IV SDN DAWUHANLOR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060317.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060317_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (226kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060317_0713078602_0710059001_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa masih mengalami kesulitan pada pelajaran matematika materi diagram lingkaran. Masalah tersebut disebabkan keadaan dimana kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, kreatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga berdampak pada kurangnya hasil belajar siswa. Dari data yang diperoleh peneliti melalui angket kebutuhan siswa, sebanyak 61,9% siswa menganggap materi diagram lingkaran sulit untuk dipelajari, karena sebanyak 71,43% siswa menganggap bahwa media pembelajaran yang digunakan guru di kelas kurang membantu dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu, dari data yang diperoleh juga diketahui bahwa rata-rata 83,35% siswa membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Tujuan pengembangan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kevalidan media pembelajaran matematika berbasis web wordpress pada materi diagram lingkaran, (2) kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis web wordpress pada materi diagram lingkaran, (3) keefektifan media pembelajaran matematika berbasis web wordpress pada materi diagram lingkaran. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research & Development) dengan lima tahap model ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Dawuhanlor, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Pada penelitian ini terdapat 5 siswa pada uji coba terbatas dan 16 siswa pada uji coba luas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kevalidan media berbasis web wordpress dari ahli media memperoleh skor 93% dengan kriteria sangat valid, sedangkan dari ahli materi memperoleh skor 90% dengan kriteria sangat valid. (2) Kepraktisan media berbasis web wordpress memperoleh skor 77% dengan kriteria praktis dari respon guru, sedangkan dari respon siswa memperoleh skor 92% dengan kriteria sangat praktis pada uji coba terbatas, dan memperoleh skor 93% dengan kriteria sangat praktis pada uji coba luas. (3) Keefektifan media berbasis web wordpress pada uji terbatas memperoleh skor 56% dari hasil pre-test yang mana nilai tersebut berada di bawah KKM (KKM=75) dan memperoleh hasil post-test lebih dari KKM yaitu 98%, sedangkan pada uji coba luas memperoleh skor 41% dari hasil pre-test yang mana nilai tersebut berada masih di bawah KKM dan memperoleh hasil post-test lebih dari KKM yaitu 95%. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis web wordpress pada materi diagram lingkaran valid, praktis, dan efektif digunakan di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Wordpress, Diagram Lingkaran
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Merita Dewi Anggraini
Last Modified: 06 Aug 2024 16:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item