Kristanto, Dwi Hady (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN & PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060021.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060021_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (484kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (947kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (138kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060021_0701128306_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Dwi Hady Kristanto, 2014060021 PGSD: Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian & Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN Tarokan 3. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2024 Kata kunci: media pembelajaran kotak pintar, perkalian & pembagian. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran need assessment yang dilaksanakan oleh peneliti kepada guru dan siswa kelas II SDN Tarokan 3. Proses pembelajaran terutama materi perkalian & pembagian pada mata pelajaran matematika terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan yang dialami yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang materi perkalian & pembagian, perilaku siswa yang berbicara sendiri dan tidak memperhatikan guru saat pembelajaran. Penyebab dari permasalah tersebut ialah pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan hanya berfokus pada LKS, selain itu optimalisasi penggunaan media pembelajaran masih kurang. Hal ini membuat siswa tidak tertarik dengan materi perkalian & pembagian mata pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran kotak pintar untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian & pembagian pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN tarokan 3. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tempat penelitian berada di SDN Tarokan 4 dengan jumlah 10 siswa kelas II sebagai uji coba terbatas dan SDN Tarokan 3 dengan jumlah 27 siswa kelas II sebagai uji coba skala luas. Data yang diperoleh berupa dokumentasi dan skor. Teknik & analisis pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut. (1) Uji kevalidan untuk mengetahui kevalidan dari media kotak pintar, (2) Uji kepraktisan dengan skala likert untuk mengetahui kepraktisan dari media kotak pintar, (3) Uji keefektifan dengan skala likert untuk mengetahui keefektifan dari media kotak pintar. Hasil analisis data penelitian ini adalah (1) kevalidan memperoleh skor rata-rata dari ahli materi dan ahli media sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid, (2) kepratisan memperoleh skor respon dari guru 94% dan respon siswa 98% pada skala terbatas dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan pada skala luas memperoleh skor respon dari guru sebesar 94% dan respon siswa 99% dengan kriteria sangat praktis. (3) keefektifan memperoleh skor ketuntasan klasikal sebesar 100% pada uji terbatas dan pada skala luas memperoleh skor 100% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak pintar yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis & sangat efektif, sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian & pembagian pada mata pelajaran matematika siswa kelas II SDN Tarokan 3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran kotak pintar, perkalian & pembagian |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dwi Hady Kristanto |
Last Modified: | 05 Aug 2024 14:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14271 |
Actions (login required)
View Item |