PENERAPAN MEDIA INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X – 5 DI SMAN 1 NGRONGGOT

MIRFA'UL HASANAH, MIRFA'UL HASANAH and IDA RAHMAWATI, IDA RAHMAWATI and DWI ARI BUDIRETNANI, DWI ARI BUDIRETNANI (2024) PENERAPAN MEDIA INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X – 5 DI SMAN 1 NGRONGGOT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_19101060012..pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_19101060012_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_01_Fronth_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (677kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_06.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_19101060012_0729108201_0711086102_07.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar menjadi faktor keberhasilan dalam tujuan pembelajaran. Di SMA Negeri 1 Ngronggot, khususnya kelas X-5 minat dan hasil belajar siswa sangat rendah. Hal ini diperoleh data yaitu 1) siswa kurang memiliki ketertarikan dalam belajar, 2) siswa kurang memperhatikan guru yang sedang mengajar, 3)siswa kurang terlibat interaksi dengan guru dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini diantaranya, 1) untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi yaitu keanekaragaman hayati di kelas X-5 SMA Negeri 1 Ngronggot melalui penerapan media index card match, 2) Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian pada siklus I (Post Test) yang tuntas berjumlah 16 siswa dengan persentase 44, 45 %. Dengan nilai rata-rata kelas 72,5. Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I (Post Test) adalah 44,45%. Pada siklus II minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pokok bahasan keanekaragaman hayati dan hilangnya keanekaragaman hayati di Indonesia yaitu dibuktikan pada siklus II dari 36 siswa yang tuntas berjumlah 30 siswa dengan persentase 83,34%. Dengan nilai rata-rata kelas 79 Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II (Post Test) adalah 83,34%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Index Card Match, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 140 Plant science > 153 Plant pests and diseases
200 Animal science > 219 Animal biotechnology
340 Health sciences > 356 Environmental sanitation techniques
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mirfa'ul Hasanah
Last Modified: 10 Mar 2024 05:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item View Item