EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMKN 1 PLOSOKLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023

PARERA, AR.AJENG and NINGSIH, RISANIATIN and SANCAYA, SETYA ADI (2024) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMKN 1 PLOSOKLATEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86201_19101010023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010023_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (688kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010023_0720018601_0712076102_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

AR. Ajeng Izzah Parera Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMKN 1 Plosoklaten Tahun Ajaran 2022/2023, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri,2019. Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi kelompok, kemampuan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti terhadap fenomena di SMKN 1 Plosoklaten mengenai rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang terjadi akibat pembelajaran dikelas yang cenderung didominasi oleh guru dan membuat peserta didik berperan sebagai objek. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMKN 1 Plosoklaten dengan melakukan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok terhadap peserta didik di SMKN 1 Plosoklaten yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif dengan metode survei lapangan dan penyebaran kuesioner dengan menggunakan teknik pra-eksperimental dengan rancangan one group pre-tes-post-test design. Survei dilaksanakan pada peserta didik kelas 11 ATU (Agribisnis Ternak Unggas) 2 yang berjumlah 36 peserta didik. Sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria tertentu, di mana responden yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori rendah dengan jumlah 21 responden. Data dan hipotesis diuji menggunakan uji paired sample t-test. Kesimpulan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil signifikansi (2-tailed) hasil perhitungan sebesar 0.001<0.05 dan nilai t hitung -4.068 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga memiliki arti bahwa terdapat efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil simpulan hasil penelitian ini disarankan bagi guru bimbingan dan konseling menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik diskusi kelompok, kemampuan berpikir kritis
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
580 Humaniora social science > 622 Communication studies
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AR.Ajeng Izzah Parera
Last Modified: 20 Feb 2024 02:40
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item