Ambaria, Ambaria and NURMILAWATI, MUMUN and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PECAHAN PADA SISWA KELAS 2 SD KECAMATAN SEMEN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100134.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100134.SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (156kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (759kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100134_0006096801_0730098803_07.lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Ambaria. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pecahan pada Siswa Kelas 2 SD Kecamatan Semen, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2023. Kata Kunci: Pengembangan, papan pecahan, kelas 2, materi pecahan Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kevalidan dari media pembelajaran papan pecahan pada siswa kelas 2 SD kecamatan Semen? (2) bagaimana kepraktisan dari media pembelajaran papan pecahan pada siswa kelas 2 SD kecamatan Semen? dan (3) bagaimana keefektifan dari media pembelajaran papan pecahan pada siswa kelas 2 SD kecamatan Semen?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan dari media pembelajaran papan pecahan pada siswa kelas 2 SD kecamatan Semen, (2) kepraktisan dari media pembelajaran papan pecahan pada siswa kelas 2 SD kecamatan Semen, dan (3) keefektifan dari media pembelajaran papan pecahan pada siswa kelas2 SD kecamatan Semen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif. Validasi produk dilakukan melalui dua tahap yakni uji coba terbatas dan uji coba luas. Subjek uji coba terbatas sebanyak 7 siswa dari SDK Yohanes Gabriel Puhsarang Kediri sedangkan uji coba luas sebanyak 15 siswa dari SDN Kanyoran 03. Instrument penelitian dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dokumen nilai, dan test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-T dan KKM. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil: (1) kevalidan media papan pecahan memperoleh skor sebesar 87,27% dan kevalidan materi memperoleh skor sebesar 100% yang menyatakan bahwa media papan pecahan yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat valid, (2) kepraktisan media papan pecahan memperoleh nilai rata-rata gabungan dari angket respon guru uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 87% dan nilai rata-rata gabungan dari angket respon siswa uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 92,85% yang menyatakan bahwa media papan pecahan yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat praktis, dan (3) keefektifan media papan pecahan pada Uji-T menunjukkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran papan pecahan terhadap hasil belajar Matematika pada Materi Pecahan Siswa SD Kecamatan Semen karena “ada perbedaan hasil belajar pre test dan post test”. Selain itu dilihat dari hasil peserta didik yaitu dengan nilai post-test ≥ KKM 70 yang menyatakan bahwa media papan pecahan yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media papan pecahan ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, papan pecahan, kelas 2, materi pecahan |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ambaria |
Last Modified: | 13 Aug 2023 18:10 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11506 |
Actions (login required)
View Item |