PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MENGIDENTIFIKASI TOKOH CERITA FIKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI SANGGRAHAN 2

Mujayanah, Mujayanah and HUNAIFI, ABDUL AZIZ and SANTI, NOVI NITYA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MENGIDENTIFIKASI TOKOH CERITA FIKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI SANGGRAHAN 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100017.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (661kB)
[img] Text (Cover BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100017_0704078402_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (918kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100017_0704078402_0714118403_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100017_0704078402_0714118403_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100017_0704078402_0714118403_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100017_0704078402_0714118403_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100017_0704078402_0714118403_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86026_19101100017_0704078402_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi dan wawancara. Dari hasil observasi dan wawancara tersebut diketahui pada pembelajaran bahasa indonesia pada kompetensi dasar mengidentifikasi tokoh cerita fiksi ditemukan permasalahan yaitu, mayoritas siswa tidak tuntas kkm. Guru hanya menggunakan buku guru dan buku siswa untuk menunjang pembelajaran. Akibatnya membuat siswa kurang antusias saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kevalidan produk media Pop-Up Book pada materi cerita fiksi untuk kelas 4 SDN Sanggrahan 2. (2) Untuk mengetahui keefektifan produk media Pop Up Book pada materi cerita fiksi untuk siswa kelas 4 SDN Sanggrahan2. (3) Untuk mengetahui kepraktisan produk media Pop Up Book pada materi cerita fiksi untuk kelas 4 SDN Sanggrahan 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE dan dikembangkan berdasarkan 5 tahapan pada model penelitian konsep ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan ahli media untuk menguji kevalidan, soal pre test dan post test untuk menguji keefektifan, serta angket respon guru dan respon siswa untuk menguji kepraktisan. Teknis analisis data yang digunakan yaitu 1) menghitung presentase hasil validasi ahli materi dan ahli media. 2) menghitung rata-rata pre-test dan post-test siswa.3) menghitung presentase hasil kepraktisan ahli praktisi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut (1) kevalidan media Pop Up Book diperoleh skor validasi ahli media 88% dan ahli materi 96% yang artinya masuk dalam kategori sangat valid. (2) Keefektian diperoleh melalui hasil pre test diperoleh skor 66 dan post test diperoleh skor 87 yang artinya media masuk dalam kategori sangat efektif (3) kepraktisan media diperoleh dari angket respon guru dan siswa. respon guru diperoleh skor 98% sedangkan respon siswa diperoleh skor 89,3% yang artnya masuk dalam kategori sangat praktis digunakan. Oleh karena itu media yang dikembangkan bisa digunakan untuk siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Pop Up Book, Fictional Stories
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 793 PGSD
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mujayanah
Last Modified: 13 Aug 2023 13:20
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item