PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS IV SDN CEPOKO

Nurcahyani, Fitrinia and BASORI, MUHAMAD and SAHARI, SUTRISNO (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS IV SDN CEPOKO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100079.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100079_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (336kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100079_0721048003_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang didapat yaitu kurangnya pemanfaatan media oleh guru pada pembelajaran PPKn materi Pancasila, Guru masih dominan menyampaikan materi pembelajaran satu arah , Guru lebih sering menggunakan metode ceramah , dan kurang adanya media yang digunakan sehingga siswa merasa bosan. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti mengembangkan media pembelajaran ular tangga untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan produk pengembangan media ular tangga pada pembelajaran PPKn materi Pancasila kelas IV SDN Cepoko, (2) mengetahui kepraktisan produk pengembangan media ular tangga pada pembelajaran PPKn materi Pancasila kelas IV SDN Cepoko dan (3) mengetahui keefektifan produk pengembangan media ular tangga pada pembelajaran PPKn materi Pancasila kelas IV SDN Cepoko. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes (post-test) dan angket. Subyek penelitian sebanyak 23 siswa yang dibagi menjadi 2, uji coba terbatas 7 siswa dan uji coba luas 16 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Media pembelajaran ular tangga dinyatakan valid setelah melalui uji validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh hasil 96% yang dikategorikan sangat valid. Sedangkan hasil validasi dari ahli media memperoleh hasil 89% yang dikategorikan sangat valid. (2) Hasil dari rata-rata perolehan angket siswa pada pengembangan media pembelajaran ular tangga ini dikatakan sangat praktis. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil respon guru terhadap media pembelajaran ular tangga memperoleh hasil 95% yang dikategorikan sangat praktis dan sangat layak digunakan. Sedangkan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran ular tangga memperoleh hasil 97% yang dikategorikan sangat praktis dan sangat layak digunakan. (3) Pengembangan media pembelajaran ular tangga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang memperoleh hasil 94% yang dikategorikan sangat efektif digunakan sehingga dapat digunakan tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Ular Tangga, Penelitian pengembangan R&D
Subjects: 660 Art, design and media > 709 Product design
710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Fitrinia Nurcahyani
Last Modified: 13 Aug 2023 14:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11464

Actions (login required)

View Item View Item