PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI TUMBUHAN UNTUK KELAS IV DI SDN BLAWE

Rahmadani, Diah Ayu and BASORI, MUHAMAD and SAHARI, SUTRISNO (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI TUMBUHAN UNTUK KELAS IV DI SDN BLAWE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100047.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100047_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (456kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (169kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100047_0721048003_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di kelas IV SDN Blawe materi bentuk dan fungsi tumbuhan, bahwa dalam pembelajara guru menggunakan buku ajar dan lingkungan sekitar pada saat proses pembelajaran, karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini sebagai berikut (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif pada materi bentuk dan fungsi tumbuhan di kelas IV SDN Blawe (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif pada materi bentuk dan fungsi tumbuhan di kelas IV SDN Blawe (3) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif pada materi bentuk dan fungsi tumbuhan di kelas IV SDN Blawe. Dari penelitian ini menyimpulkan hasil pengembagan media pembelajaran interaktif berbasis canva data kevalidan, keparaktisan, dan keefektifan mendapatkan hasil sebagai berikut (1) Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dan dinyatakan valid, dengan presentase kevalidan ahli media 88% dan ahli materi 96% yang termasuk kriteria kevalidan yang sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan, (2) Kepraktisan diperoleh dari respon guru terhadap media yang sudah dikembangkan. Pada uji coba terbatas respon guru mendapatkan presentase 96%, sedangkan uji coba luas mendapatkan presentase 90%. Rata-rata hasil angket respon guru diperoleh presentasi skor sebesar 93%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis canva dikategorikan sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan. (3)Keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis canva diukur dari pretest dan posttest dengan uji coba terbatas dan uji coba luas. Uji coba terbatas mendapatkan presentase 71,42 %, sedangkan uji coba luas mendapatkan presentase 94,44 %. Pada uji luas media pembelajaran berbasis canva sudah dinyatakan efektif. Hal ini dikarenakan nilai > 85% ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajara Interaktif, Berbasis Canva
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Diah Ayu Rahmadani
Last Modified: 11 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item