PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK AR-RAHMAH KECAMATAN PAPAR TAHUN 2019/2020

Julita, Saraswati and Marista, Dwi Rahmayantis and Subardi, Agan (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK AR-RAHMAH KECAMATAN PAPAR TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_88201_16101070007.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_88201_16101070007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Refrences)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_04docx.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_05docx.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
RAMA_88201_16101070007_0711038903_0703046001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Julita Saraswati: Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Ar-Rahmah Kecamatan Papar Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi, FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci: Pembelajaran menulis, keterampilan menulis teks eksplanasi, media audio visual. Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan di berbagai tingkat sekolah, salah satunya adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu proses untuk membina dan mengembangkan bahasa Indonesia secara terarah. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Diantara empat keterampilan tersebut, keterampilan menulis nampaknya perlu mendapatkan perhatian lebih besar darai ketiga keterampilan lainnya. Agar pembelajaran berjalan dengan efektif maka memerlukan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya media pembelajaran yang sesuai antara lain media audio visual yang mana dalam media ini memiliki gambar yang dapat bergerak dan juga suara yang jelas sehingga dapat menarik perhatian siswa. Permasalahan dalam penelitian adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI TKRO-1 semester genap SMK Ar-Rahmah tanpa menggunakan media audio visual? (2) Bagaimana kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI TKRO-2 semester genap SMK Ar-Rahmah dengan menggunakan media audio visual? (3) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI TKRO SMK Ar-Rahmah? Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain pre tes dan post test. Seluruh siswa kelas XI SMK Ar-Rahmah Papar berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TKRO-2 sebagai kelas eksperimen dan XI TKRO-1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah, variabel bebas yaitu media audio visual dan variabel terikat adalah keterampilan menulis teks eksplanasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik uji t atau t-tes. Uji t bertujuan untuk megethui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberi diberikan perlakuan berupa penggunaan media audio visual, dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kesimpulannya, dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Ar-Rahmah Kecamatan Papar Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah: Keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar tanpa menggunakan media audio visual siswa kelas XI SMK Ar-Rahmah Papar 2018/2019 dinyatakan kurang. Hal ini dibuktikan dengan pemerolehan nilai rata-rata di bawah KKM (75) yaitu 73,6. Keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual siswa kelas XI SMK Ar-Rahmah Papar 2018/2019 dinyatakan tercapai KKM (75) yaitu 84,4. Penggunaan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Ar-Rahmah Kecamatan Papar. Hal tersebut diperoleh dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 84,4 di atas nilai posttest kelas kontrol dengan rata-rata 73,6. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis data statistik inferensial yang menyatakan t_hitung 5,77 > t_tabel 2,018 pada tabel 0,05/signifikan 5%. Berdasarkan norma keputusan yang telah dibuat, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran menulis, keterampilan menulis teks eksplanasi, media audio visual.
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 742 English language and literature education
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs. Julita Saraswati
Date Deposited: 21 Aug 2022 01:47
Last Modified: 21 Aug 2022 01:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item