Harianti, Rinni Eka and WULANSARI, WIDI and YULIANTO, DEMA (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN KALI(KANTONG LIDI) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 3-4 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
There is a more recent version of this item available. |
Text
RAMA_86207_18101110008.pdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_01_ftont_ref.pdf Download (1MB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_02.pdf Download (531kB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_03.pdf Download (463kB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_04.pdf Download (134kB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_05.pdf Download (6kB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_06_ref.pdf Download (121kB) |
|
Text
RAMA_86207_18101110008_0724038803_0710078203_07_lamp.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Pada SPS AL-HIDAYAH Singkalanyar, Prambon, Nganjuk ditemukan bahwa kegiatan pengembangan kemampuan kognitif belum berkembang secara optimal. Dikarenakan pendidik di SPS AL-HIDAYAH belum menggunakan permainan yang edukatif untuk mengembangkan kemampuan berhitung. Akibatnya, kemampuan kognitif anak belum berkembang, anak juga masih bingung berhitung pemula. Berdasarkan permasalahan tersebut maka sebagai pendidik perlu usaha untuk memberikan media yang menarik pada anak didiknya. Dalam penelitian ini pendidik menggunakan media permainan KALI (Kantong Kali). Permainan KALI ini menggandung unsur pembelajaran kognitif yang sesuai dengan anak usia 3-4 tahun. Permainan KALI (Kantong Lidi) merupakan permainan untuk melatih kemampuan berhitung pada anak usia dini, permainan ini di fokuskan pada anak usia 3-4 tahun dimana pada usia ini anak-anak sangat senang untuk bermain. Permainan KALI (Kantong Lidi) merupakan permainan yang efektif dan efisien bagi anak usia dini, permainan ini juga sangat aman dan juga menyenangkan. Oleh sebab itu, akan dikembangkan permainan KALI (Kantong Lidi) untuk melatih kemampuan berhitung. Melalui permainan ini diharapkan akan dapat menarik perhatian anak dalam kegiatan pembelajaran kognitif. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Pengembangan bagian dari Reseach and Development (RnD) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifitasan produk tersebut. Hasil tingkat pengukuran penilaian dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Hasil dari skor penilaian tersebut kemudian dihitung menggunaakan rumus aiken untuk menentukan kualitas dan tingkat kemanfaatan produk yang dihasilkan berdasarkan pendapat pengguna. Disamping itu digunakan untuk menentukan kelayakan dan kemenarikan produk hasil pengembangan permainan KALI (Kantong Lidi). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Penilaian ahli materi di peroleh nilai lebih dari 0,5 yang artinya mendapatkan nilai syarat valid dan kelayakan produk. Selain itu, penilaian dari ahli media diperoleh nilai rata-rata lebih dari 0,5 yang artinya mendapatkan nilai syarat valid dan media layak dipergunakan dan diuji cobakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ubuntu, Enterprice Cloud, Private Cloud Compunting, Webserver |
Subjects: | 200 Animal science > 212 Social economy of domestic economy 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language) 500 Linguistics > 531 English literature (and language) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Rinni Eka Harianti |
Date Deposited: | 03 Sep 2022 11:15 |
Last Modified: | 03 Sep 2022 11:15 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8220 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN PERMAINAN KALI(KANTONG LIDI) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 3-4 TAHUN. (deposited 19 Aug 2022 05:36)
- PENGEMBANGAN PERMAINAN KALI(KANTONG LIDI) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 3-4 TAHUN. (deposited 03 Sep 2022 11:15) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |