SINEMA EDUKASI GANDRUNG UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA

Syah Putra, Ashar and NINGSIH, RISANIATIN and RATNAWATI, VIVI (2022) SINEMA EDUKASI GANDRUNG UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA. SINEMA EDUKASI GANDRUNG UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA, 39 (1). pp. 22-32. ISSN 2775-5878

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_18101010003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (Similaritty)
RAMA_86201_18101010003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010003_0720018601_0728038306_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010003_0720018601_0728038306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
Official URL: http://jurnal.unipasby.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui penggunaan media berupa sinema edukasi Gandrung. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil dari penelitian awal terkait rasa percaya diri siswa yang menurun saat mengikuti pembelajaran daring, kurangnya menghargai budaya lokal dan siswa lebih menyukai budaya barat. Hal ini tentu menjadi masalah serius bagi siswa dan Guru BK perlu membuat inovasi media. Rancangan penelitian mengunakan penelitian pengembangan dengan modifikasi menutut Sukmadinata sampai tiga tahap yaitu hanya sampai pada pengujian uji ahli materi, media dan uji pengguna. Sampel penelitian terdiri dari 1 uji ahli materi, 1 uji ahli media dan 2 guru BK. Analisis data menggunakan uji interrater agreement Gregory. Hasil uji interrater agreement ahli dan praktisi menghasilkan skor sebesar 89%. Skor tersebut berada pada rentang layak digunakan. Dapat diartikan bahwa pengembangan media edukasi Gandrung layak digunakan sebagai media yang aplikatif. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan menggunakan media berbasis kearifan lokal pada masa pandemic Covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Media BK, Sinema Edukasi Gandrung
Subjects: 710 Education science > 795 Educational psychology
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Ashar Syah Putra
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:46
Last Modified: 25 Aug 2022 06:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8155

Actions (login required)

View Item View Item