ANIZA, KHOIROTUL and WIGUNA, FRANS ADITIA and WENDA, DHIAN DWI NUR (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR PADA SISWA KELAS V SDN GAYAM 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034.pdf Download (4MB) |
|
Text (Similarity)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_SIMILARITY.pdf Download (677kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_01_front_ref.pdf Download (534kB) |
|
Text (BAB 2)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_02.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 3)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_03.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 4)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_04.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 5)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_05.pdf Download (120kB) |
|
Text (References)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_06_ref.pdf Download (260kB) |
|
Text (Lampiran)
KHOIROTUL_ANIZA_86206_17101100034_0719048206_0701058701_07_lamp.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterkaitan guru yang sangat dominan berperan dalam proses pembelajaran (Teacher Center) sehingga peserta didik tidak diberikan kesempatan untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menjelaskan konduktor dan isolator di kelas 5 SDN Gayam 3 Kota Kediri. Pada teknik penelitian ini yang dipakai ialah penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental design dimana sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Populasi dalam penelitian ini difokuskan pada siswa kelas V SD Negeri Gayam 3 Kota Kediri yang berjumlah 26 siswa. Variabel dalam penelitian ini menggunakan model Dicovery Learning untuk mengetahui kemampuan menjelaskan konduktor dan isolator. Penelitian ini menggunakan pretest dan posttest untuk pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian melalui pretest atau sebelum menggunakan model pembelajaran Discoveri Learning diketahui bahwa nilai rata-rata yaitu 64,85 sedangkan melalui posttest atau sudah mengguankan model pembelajaran Discovery Learning, diketahui bahwa nilai rata-rata kelasnya yaitu 78,46. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh t hitung sebesar 3,252 dan nilai signifikansi sebesar 0,003. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan menjelaskan konduktor dan isolator pada siswa kelas 5 SDN Gayam 3 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Model Discovery Learning, Konduktor Dan Isolator |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology) 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Khoirotul Aniza |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 16:13 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 16:13 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4527 |
Actions (login required)
View Item |