SANTOSO, AGUS MUJI and PRIMANDIRI, POPPY RAHMATIKA Respon Mahasiswa terhadap Pelaksanaan PPL I Berbasis Lesosn Study (LS). Bioma (Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi) (SINTA 5), 2 (1). pp. 11-22. ISSN p-ISSN 2527-7111; e-ISSN 2528-1615
Text
84205_0713088605.pdf Download (860kB) |
|
Text
84205_0713088605_peer review.pdf Download (569kB) |
|
Text
84205_0713088605_ref.pdf Download (863kB) |
|
Text
84205_0713088605-similarity.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pelaksanaan PPL I berbasis lesson study (LS). Penelitian ini berjenis survei yang dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2015/2016. Indikator respon tersebut dijabarkan dan disusun dalam bentuk angket. Data yang diperoleh dianalisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sampai program PPL I berbasis LS selesai: (1) ada penurunan jumlah mahasiswa yang memiliki kesan jenuh dan ada peningkatan jumlah responden yang menyatakan kesan menyenangkan, (2) ada penurunan jumlah mahasiswa yang memiliki persepsi bahwa LS adalah salah satu strategi pembelajaran dan guru tidak leluasa mengembangkan pembelajaran, (3) hal baru yang diperoleh mahasiswa cukup beragam, misal mahasiswa lebih mengetahui hal sederhana dan teknis berupa ciri-ciri peserta didik yang mengalami hambatan belajar dan lebih mengetahui bagaimana menentukan strategi pembelajaran yang tepat, (4) hambatan yang paling banyak ditemui mahasiswa adalah manajemen waktu dalam melaksanakan PPL I berbasis LS, khususnya dalam menentukan jadwal plan. Disimpulkan bahwa diperlukan waktu maupun konsistensi program PPL I berbasis LS bagi mahasiswa dan pedagogi mahasiswa dapat ditingkatkan melalui PPl I berbasis LS.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 771 Biology education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Muji Santoso |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 09:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 09:22 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4278 |
Actions (login required)
View Item |