PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK)SISWA SMKN 3 KOTA BLITAR

HADI, SUCIPTO and ANAS, M and FORYJATI, Rr (2020) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK)SISWA SMKN 3 KOTA BLITAR. Masters thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text
RAMA_87103_ 16.0.06.02.0013.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_01_front_ref.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_02.pdf

Download (306kB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_03.pdf

Download (307kB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_04.pdf

Download (519kB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_05.pdf

Download (85kB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_06_ref.pdf

Download (219kB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_0028106601_0028016701_07_lamp.pdf

Download (486kB)
[img] Text
RAMA_87103_16.0.06.02.0013_SIMILARITY.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang keadaan sekarang di SMKN 3 Kota Blitar seperti lingkungan dan tingkat kedisiplinan siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) yang masih tergolong rendah, disebabkan rata-rata siswa masih banyak yang belum bisa mencapai nilai minimum atau SKM yang telah ditentukan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) siswa SMKN 3 Kota Blitar pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kondisi obyektif disiplin belajar di sekolah, lingkungan belajar dan hasil belajar siswa. Sedangkan analisis statistik inferensial yaitu regresi ganda atau ubahan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Lingkungan belajar berpengaruh signifikan positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 3 Kota Blitar, (2) Lingkungan belajar lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK daripada disiplin belajar di sekolah, (3) Kondisi lingkungan belajar SMKN 3 Kota Blitar secara keseluruhan yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat adalah baik, (4) Lingkungan keluarga siswa di SMKN 3 Kota Blitar baik dalam menunjang proses pembelajaran PKK, (5) Kondisi lingkungan sekolah di SMKN 3 Kota Blitar baik dalam menunjang proses pembelajaran PKK, (6) Lingkungan masyarakat siswa di SMKN 3 Kota Blitar baik, (7) Disiplin belajar di sekolah berpengaruh signifikan positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 3 Kota Blitar, (8) Disiplin belajar di sekolah dan lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMKN 3 Kota Blitar, (9) Disiplin belajar siswa di SMKN 3 Kota Blitar dikategorikan baik, (10) Siswa di SMKN 3 Kota Blitar memiliki disiplin masuk sekolah, disiplin dalam mengerjakan tugas, disiplin dalam mengikuti pelajaran di sekolah, disiplin dalam mentaati tata tetib di sekolah yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: lingkungan belajar, disiplin belajar, hasil belajar
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Hadi Sucipto
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:48
Last Modified: 31 Mar 2021 03:48
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item