Hanfarentin, Intan and Riwayatiningsih, Rika (2018) The Effect of SQ3R Method in Teaching Reading ti the Second Grade Students of SMA Pawyatan Daha Kediri in Academic Year 2017/2018. Prosiding Seminar Pendidikan dan Pengajaran (SEMDIKJAR) 2, - (-). pp. 498-500. ISSN 2598-6139
Text
01_0721107201.pdf Download (1MB) |
|
Text
01_0721107201_SIMILARITY.pdf Download (1MB) |
|
Text
01_0721107201_PEER_REVIEW.pdf Download (447kB) |
Abstract
Masalah umum yang dihadapi oleh siswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam belajar membaca adalah kesulitan dalam memahami teks. Menyadari fakta-fakta tersebut, guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing seharusnya menyediakan kegiatan-kegiatan yang membuat siswa-siswa dapat mempraktekkan keahlian dalam membaca. Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review). Metode SQ3R merupakan metode yang membuktikkan dalam mengasah kemampuan membaca teks buku dan membuat membaca lebih bermanfaat. Tujuan penulisan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode SQ3R dalam mengajar pemahaman membaca pada siswa kelas 2 SMA Pawyatan Daha Kediri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan one group pretest and post-test. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas 2, dengan populasi berjumlah 90 siswa dan sampelnya pada kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 siswa di SMA Pawyatan Daha Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan dalam penggunaan metode SQ3R yang dibuktikkan dengan t-test lebih tinggi daripada t-table.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 742 English language and literature education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rika Riwayatiningsih |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:43 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:43 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12679 |
Actions (login required)
View Item |