Berliana, Tifany and AKA, KUKUH ANDRI and WAHYUDI, WAHYUDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MELALUI MODEL TALKING STICK PADA MATERI MAKNA BERSATU DALAM KEBERAGAMAN KELAS II SD NEGERI JUGO 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100076.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100076_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (115kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (907kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100076_0713118901_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dilapangan dan ditemui bahwa pada pembelajaran kegiatan pembelajaran masih jarang menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa ketika mempelajari materi PPKn sebagian besar siswa tidak memenuhi KKM. Hal ini karena minimnya penggunaan media dan penerapan metode ceramah yang masih mendominasi sehingga siswa kurang antusias ketika proses pembelajaran berlangsung. Jika siswa kurang antusias maka akan mengakibatkan siswa menjadi gaduh dan kurang fokus ketika belajar di kelas. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran video animasi melalui model talking stick pada materi makna bersatu dalam keberagaman kelas II SD Negeri Jugo 2 ? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran video animasi melalui model talking stick pada materi makna bersatu dalam keberagaman kelas II SD Negeri Jugo 2 ? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran video animasi melalui model talking stick pada materi makna bersatu dalam keberagaman kelas II SD Negeri Jugo 2 ? Penelitian ini termasuk (R&D) atau Research and Development dan menggunakan model ADDIE yang melalui 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan uji kevalidan dari angket validasi ahli media dan ahli materi pada validator, pengujian kepraktisan produk media berdasarkan angket respon siswa dan respon guru, serta pengujian keefektifan produk media yang dilihat dari hasil belajar siswa setelah menerapkan media saat pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian kevalidan produk memperoleh skor rata-rata 82,25% yang tergolong valid dan layak untuk digunakan. Dengan skor validasi ahli media 92,5% dan skor dari validasi materi 72%. Selanjutnya kepraktisan media dari angket respon siswa dan respon guru mendapatkan skor rata-rata 96% yang tergolong kategori sangat praktis. Dengan skor angket respon siswa 96% dan skor respon guru 96%. Berdasarkan uji coba luas diperoleh presentase klasikal 93% dengan nilai rata-rata 90 dan dikategorikan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, video animasi, bersatu dalam keberagaman |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tifany Berliana |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 11:46 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 11:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11677 |
Actions (login required)
View Item |