Azhari, Yusifa Dyan and SAHARI, SUTRISNO and SAIDAH, KARIMATUS (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA PEKA (PEMBAGIAN PERKALIAN) PADA MATERI PEMBAGIAN DAN PERKALIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100151.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100151_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (428kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (956kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (101kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100151_0713037304_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan di SDN Gayam 3 Kota Kediri, pada kelas III bahwa guru hanya menggunakan buku tematik dan ceramah yang keduanya hanya memuat tulisan untuk menjelaskan materi, materi dalam buku siswa terbatas, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran guru yang hanya satu arah, media pembelajaran yang belum dikembangkan. Solusi penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas III . SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) untuk siswa kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran multimedia PEKA (PEMBAGIAN PERKALIAN) berbasis macromedia flash dan dapat membantu siswa dalam proses belajar materi pembagian dan perkalian. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) penerapan (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri sebanyak 29 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua tahap uji coba yaitu, uji coba terbatas dilakukan oleh 10 siswa dan uji coba luas dilakukan oleh 29 siswa. Hasil dari penelitian bahwa validasi ahli media pembelajaran mendapatkan rata-rata presentase 89%, sehingga media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) sangat valid artinya sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan didapat dari respon guru dengan mendapatkan presentase 88,5%, sehingga media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) sangat praktis dan digunakan tanpa revisi. Keefektifan didapatkan dari uji coba terbatas soal evaluasi pre test sebesar 62 dan post test 83 sedangkan uji coba luas pre test sebesar 54,6 dan post test sebesar 88,4 yang selanjutnya dilakukan uji Paired T-Test uji coba terbatas dan uji coba luas, sehingga media pembelajaran PEKA (Pembagian Perkalian) sangat efektif artinya sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Matematika di SD, Macromedia Flash 8 |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Yusifa Dyan Azhari |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:22 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10214 |
Actions (login required)
View Item |