PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KAYU PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN POJOK 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI

Ulhaq, Dafa Laswar and PERMANA, ERWIN PUTERA and WAHYUDI, WAHYUDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK KAYU PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA KELAS V SDN POJOK 1 KECAMATAN WATES KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100129.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100129_SIMILIRITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_070569001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (672kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_070569001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_070569001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_070569001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_070569001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (141kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100129_0706128701_070569001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi dengan mewawancarai guru kelas V dan melakukan pengamatan pada SDN Pojok 1 pada kelas V ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab ketika mengajar. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran Pop up book kayu berkarakter materi peristiwa proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode Penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan tes. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan 5 tahapan model penelitian ADDIE yaitu, 1) Tahap analisis (analysis), 2) Tahap perancangan (design), 3) Tahap Pengembangan (development), 4) Tahap implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation). Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran pop up book kayu materi peristiwa proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Media pembelajaran pop up book kayu ini sudah divalidasi oleh validasi materi dan validasi media, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan validasi materi memperoleh skor 94%, sedangkan validasi media memperoleh skor 86%. Berdasarkan jumlah nilai akhir dari validasi materi dan validasi media diperoleh presentase 84%, sehingga dari dua validasi materi dan validasi media berada pada rentang 81,00%-100,00% dengan kriteria validitas masuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh presentase skor 92% dan angket respon siswa uji coba terbatas (10 siswa) memperoleh presentase skor 81%, dan angket respon siswa uji coba luas (30 siswa) memperoleh presentase 90%, sehingga terletak pada rentang presentase 81,00%-100,00% dengan kriteria kepraktisan masuk dalam kategori sangat praktis dan dapat digunakan tanpa perbaikan. Keefektifan media pop up book dalam ketuntasan pembelajaran secara klasikal pada saat uji coba terbatas dan luas masuk kategori sangat efektif dengan memperoleh 90% dan 80% tuntas dalam soal posttes. Berdasarkan hasil yanggdiperoleh bahwa media pop up book yang dikembangkan dinyatakannvalid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Simpulan dari hasil penelitian ini, bahwa pengembangan media pembelajaran pop up book kayu materi peristiwa proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia memenuhi kriteria valid,praktis,dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pop up book kayu, IPS, Peristiwa Proklamasi
Subjects: 580 Humaniora social science > 603 National defence
580 Humaniora social science > 618 History (history)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dafa Laswar Ulhaq
Last Modified: 13 Feb 2023 06:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item