PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SI TUAN (OPERASI HITUNG PECAHAN) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD

Kamsena, Yusril Figur and KURNIA, ITA and LAILA, ALFI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SI TUAN (OPERASI HITUNG PECAHAN) BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_18101100106.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100106_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (878kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100106_0701128306_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran angket need asessment kepada guru dan siswa kelas V SDN Sukorame 2 Kediri ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran Matematika. Salah satunya yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75. Hal ini dibuktikan pada hasil ulangan harian siswa, dari 28 siswa kelas VA SDN Sukorame 2 Kediri tidak ada yang mencapai nilai diatas KKM. Sedangkan di kelas VB, hasil ulangan harian yang diraih dari 27 siswa menunjukkan bahwa hanya 4 yang mampu mencapai nilai di atas KKM. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada materi operasi hitung pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tempat penelitian berada di SDN Sukorame 2 Kediri. Subjek uji coba terbatas adalah 12 siswa kelas VB dan subjek uji coba skala luas adalah 35 siswa kelas VA. Data yang diperoleh berupa dokumentasi dan skor. Teknik analisis data yang digunakan sebagai berikut. (1) Menjabarkan hasil wawancara dan need asessment. (2) Menghitung presentase hasil validasi ahli materi dan media. (3) Mengitung presentase hasil kepraktisan guru dan siswa. (4) Menghitung rata-rata hasil pengerjaan soal pre-test dan post-test siswa. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Hasil kevalidan diperoleh kriteria sangat valid dengan skor ahli materi 95% dan ahli media 81.67%, dari hasil tersebut diperoleh rata-rata presentase kevalidan sebesar 88,33%. (2) Hasil uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan perolehan presentase skor sebesar 95% dari respon guru dan 86 % dari respon siswa pada skala terbatas. Sedangkan pada skala luasnya mendapatkan skor sebesar 91% dari respon guru dan 86% dari respon siswa. (3) Hasil uji keefektifan pada skala terbatas yaitu 76.3 dengan kategori efektif, sementara uji coba luas yaitu 78 dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Si Tuan (Operasi Hitung Pecahan) berbasis Android sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa SD Kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Si Tuan (Operasi Hitung Pecahan), Android
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yusril Figur Kamsena
Date Deposited: 20 Feb 2023 22:58
Last Modified: 20 Feb 2023 22:58
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8909

Actions (login required)

View Item View Item