PARAHITA, DAYINTA DHETY and PRIMASATYA, NURITA and ZAMAN, WAHID IBNU (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PUZZLE MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100091.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100091_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Download (280kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Download (941kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_02.pdf - Accepted Version Download (690kB) |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_03.pdf - Accepted Version Download (712kB) |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_04.pdf - Accepted Version Download (725kB) |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_05.pdf - Accepted Version Download (206kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_7_lamp.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100091_0722039001_0713078602_6_ref.pdf - Accepted Version Download (431kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi Berdasarkan analisis kebutuhan berupa hasil wawancara bersama guru kelas 4 menunjukkan bahwa peserta didik kelas 4 masih kurang memahami materi KPK dan FPB dikarenakan minimnya penggunaan media pada pembelajaran matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah yang dikembangkan yaitu Bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Multimedia Interaktif Puzzle dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran di kelas,. Berdasarkan rumusan masalah ini dapat diambil tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui validitas,kepraktisan, keefektifan media pembelajaran ketika digunakan untuk menyampaikan materi. Model pengembangan ADDIE akan digunakan dalam penelitian ini (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) melalui 5 tahap yaitu, Megnanalisis, Merancang; Mengembangkan; Menguji cobakan dan Menilai. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia interaktif puzzle KPK & FPB adalah sebagai berikut : (1) Hasil dari validasi media menghasilkan persentase sebesar 88% media dinyatakan valid dan tidak perlu adanya resvisi, (2) Hasil dari validasi materi menghasilkan persentase sebesar 88% materi dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran tanpa adanya revisin (3) Hasil respon guru mendapatkan persentase sebesar 86% dengan demikian media dinyatakan praktis dan dapat digunakan, (4) Hasil ketuntasan klasikal siswa mendapatkan persentase sebesar 95% dengan nilai rata-rata 80 dengan demikian media pembelajaran dinyatakan efektif dan dapat digunakan .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif Puzzle Materi KPK dan FPB |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Dayinta Dhety Parahita |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:54 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5181 |
Actions (login required)
View Item |