PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN DAN MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN LIRBOYO 2

Nur'aini, Vira and ZAMAN, WAHID IBNU and PRIMASATYA, NURITA (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN DAN MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN LIRBOYO 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
VIRA_86206_18101100155.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
VIRA_86206_18101100155_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (References)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB)
[img] Text (BAB 5)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
VIRA_86206_18101100155_0713078602_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dan pengamatan bahwa guru melakukan aktivitas pembelajarannya cenderung kurang memusatkan kepada peserta didiknya. Siswa hanya menerima pengetahuan dan informasi dari guru secara utuh dan kurang dapat mengembangkan ide. Cenderung pasif disebabkan siswa dalam menggali pertanyaan tidak berdasarkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang tanpa menggunakan model PBL berbantuan google sites pada siswa kelas V SDN Lirboyo 2? (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang menggunakan model PBL berbantuan google sites pada siswa kelas V SDN Lirboyo 2? (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar materi menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang yang menggunakan model PBL berbantuan google sites dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model PBL berbantuan google sites pada siswa kelas V SDN Lirboyo 2? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A berjumlah 24 siswa dan kelas V-B sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dalam bentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS versi 24 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran tanpa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan google sites berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lirboyo 2 dengan hasil diperoleh nilai thitung 13,778 ≥ ttabel 2,069 dengan taraf signifikansi 5%. (2) Model Problem Based Learning berbantuan google sites berpengaruh terhadap kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lirboyo 2 dengan hasil diperoleh nilai thitung 18,144 ≥ ttabel 2,069 dengan taraf signifikansi 5%. (3) Ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan google sites dibandingkan tanpa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan google sites terhadap kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang pada siswa kelas V SDN Lirboyo 2. Terbukti pada hasil yang diperoleh hasil thitung 5,255 ≥ ttabel 2,013 dengan taraf signifikasi 5%. Sehingga disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Vira Nur'aini
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:10
Last Modified: 18 Aug 2022 04:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item