PRIMASATYA, NURITA and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2020) Analysis of Student Needs of The Mathematics Club (MC) as a Co-curricular Activities as an Effort to Grow Up 4C Skills. Jurnal Math Educator Nusantara, 6 (2). pp. 215-223. ISSN 2459-9735
Text (Analysis of Student Needs of The Mathematics Club (MC) as a Co-curricular Activities as an Effort to Grow Up 4C Skills)
86206_0722039001.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (SImilarity-Turnitin)
86206_0722039001_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Peer Rivew Nurita Primasatya)
86206_0722039001_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (992kB) |
|
Text (Peer Rivew Ilmawati Fahmi Imron)
86206_0710128902_PEERREVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Di era revolusi industry 4.0, keterampilan 4C (critical thinking, creative thinking, collaboration, and communication) penting untuk dimiliki siswa. Oleh karena itu, mulai dari tingkat sekolah dasar, kemampuan ini perlu ditumbuhkan. Sesuai Permendibud No 23 tahun 2017 terdapat 3 kegiatan yang harus dilakukan sekolah yakni intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Layaknya kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokurikuler seharusnya juga tersusun secara terstruktur dan sistematis disertai dengan bahan ajarnya. Namun, kenyataannya sekolah belum memiliki kesiapan yang maksimal terkait dengan perancangan dan pelaksanaan kegiatan kokurikuler tersebut. Kegiatan kokurikuler adalah kegiatan pendalaman materi (indikator) yang ada dalam kegiatan intrakurikuler, jadi materi yang disajikan dalam kegiatan kokurikuler haruslah materi yang sulit atau butuh pengayaan. Salah satu materi yang membutuhkan pengayaan adalah materi matematika. Hal ini dikarenakan matematika selalu menjadi materi yang sulit dan ditakuti siswa. Artikel ini secara spesifik akan membahas kebutuhan siswa di sekolah full day terhadap kegiatan kokurikuler mathematics club sebagai upaya menumbuhkan keterampilan 4C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksploratif dimana peneliti melakukan observasi dan wawancara secara mendalam terhadap kebutuhan sekolah terhadap kegitan kokurikuler Mathematics Club. Hasil penelitian menemukan bahwa sekolah membutuhkan kegiatan seperti Mathematics Club karena sekolah belum menerapkan kegiatan kokurikuler secara maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ilmawati Fahmi Imron |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 06:44 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 06:44 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
View Item |