Analysis of Student Needs of The Mathematics Club (MC) as a Co-curricular Activities as an Effort to Grow Up 4C Skills

PRIMASATYA, NURITA and IMRON, ILMAWATI FAHMI (2020) Analysis of Student Needs of The Mathematics Club (MC) as a Co-curricular Activities as an Effort to Grow Up 4C Skills. Jurnal Math Educator Nusantara, 6 (2). pp. 215-223. ISSN 2459-9735

[img] Text (Analysis of Student Needs of The Mathematics Club (MC) as a Co-curricular Activities as an Effort to Grow Up 4C Skills)
86206_0722039001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (SImilarity-Turnitin)
86206_0722039001_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Peer Rivew Nurita Primasatya)
86206_0722039001_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (992kB)
[img] Text (Peer Rivew Ilmawati Fahmi Imron)
86206_0710128902_PEERREVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/a...

Abstract

Di era revolusi industry 4.0, keterampilan 4C (critical thinking, creative thinking, collaboration, and communication) penting untuk dimiliki siswa. Oleh karena itu, mulai dari tingkat sekolah dasar, kemampuan ini perlu ditumbuhkan. Sesuai Permendibud No 23 tahun 2017 terdapat 3 kegiatan yang harus dilakukan sekolah yakni intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Layaknya kegiatan intrakurikuler, kegiatan kokurikuler seharusnya juga tersusun secara terstruktur dan sistematis disertai dengan bahan ajarnya. Namun, kenyataannya sekolah belum memiliki kesiapan yang maksimal terkait dengan perancangan dan pelaksanaan kegiatan kokurikuler tersebut. Kegiatan kokurikuler adalah kegiatan pendalaman materi (indikator) yang ada dalam kegiatan intrakurikuler, jadi materi yang disajikan dalam kegiatan kokurikuler haruslah materi yang sulit atau butuh pengayaan. Salah satu materi yang membutuhkan pengayaan adalah materi matematika. Hal ini dikarenakan matematika selalu menjadi materi yang sulit dan ditakuti siswa. Artikel ini secara spesifik akan membahas kebutuhan siswa di sekolah full day terhadap kegiatan kokurikuler mathematics club sebagai upaya menumbuhkan keterampilan 4C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksploratif dimana peneliti melakukan observasi dan wawancara secara mendalam terhadap kebutuhan sekolah terhadap kegitan kokurikuler Mathematics Club. Hasil penelitian menemukan bahwa sekolah membutuhkan kegiatan seperti Mathematics Club karena sekolah belum menerapkan kegiatan kokurikuler secara maksimal.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ilmawati Fahmi Imron
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:44
Last Modified: 19 Jan 2021 06:44
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item