Angesti, Tanaya Bayu (2025) ANALISIS DAMPAK KLIK DALAM KEHIDUPAN SOSIAL SISWA DI SMK PGRI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2014010066._compressed.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010066_SIMILARITY..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_01_front_ref..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_02..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_03..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_04..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (44kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_05..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_06_Ref..pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (122kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010066_0712076102_0716046202_07_Lamp..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam ilmu sosial, klik sering menggambarkan kelompok kecil dalam masyarakat yang memiliki kesamaan minat, nilai, atau tujuan, di mana anggotanya cenderung saling mendukung dan berinteraksi lebih sering dibandingkan dengan individu diluar kelompok klik tersebut. Klik juga terjadi dalam kehidupan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keberadaan kelompok sosial (klik) terhadap kehidupan sosial siswa di SMK PGRI 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengidentifikasi pola-pola perilaku, hubungan sosial, serta dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh klik. Subjek penelitian adalah dua orang siswa anggota klik (VV, ME), dan dua orang siswa diluar anggota klik (PT, NY). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan klik memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan sosial siswa, dan terhadap kehidupan siswa. serta penanggulangan dampak negatif klik yang ada di sekolah, dan juga pemanfaatan dampak positif klik. Penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik untuk memastikan keabsahan temuan. Kesimpulanya menunjukan di satu sisi, klik dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan dukungan emosional, tetapi di sisi lain dapat memicu diskriminasi, dan konflik antar kelompok. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pihak sekolah dan orang tua dalam menciptakan lingkungan sosial yang inklusif dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis dampak klik, kehidupan sosial, siswa SMK PGRI |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Tanaya Bayu Angesti |
Last Modified: | 13 Mar 2025 13:46 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |