Sujatmika, Wilda (2025) ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2014010035..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010035_SIMILARITY..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_01_front_ref..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (645kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_02..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (110kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_03..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_04..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_05..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_06_Ref..pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010035_0728038306_0717115901_07_Lamp..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Konsentrasi belajar adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Kemampuan siswa untuk fokus selama proses pembelajaran penting untuk pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan dan hasil akademik mereka, tetapi banyak siswa mengalami kesulitan untuk tetap fokus dapat disebabkan beberapa faktor seperti kurangnya persiapan belajar, kurangnya minat atau antusiasme terhadap mata pelajaran tertentu serta lingkungan belajar yang tidak kondusif dan gangguan media sosial terutama di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk untuk menghasilkan siswa yang berkarakter unggul dan berprestasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar serta mengidentifikasi perilaku yang menunjukkan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Nganjuk. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah lima siswa dari kelas XI yang dipilih berdasarkan tingkat konsentrasi. Analisis data dilakukan secara induktif menggunakan triangulasi sumber untuk validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada faktor utama yang memengaruhi konsentrasi belajar siswa: (1) persiapan belajar, yang mencakup membuat jadwal, memilih tempat belajar yang nyaman dan mengurangi gangguan seperti notifikasi ponsel. (2) lingkungan belajar yang tenang, fasilitas yang memadai, dan guru yang mengajar dikelas. Masalah terbesar dalam proses belajar adalah tempat kelas yang bising, notifikasi ponsel dan kurangnya minat siswa dalam materi tertentu. Siswa dengan tingkat konsentrasi rendah menunjukkan kurangnya motivasi dan strategi untuk mempertahankan fokus tetapi siswa dengan tingkat konsentrasi tinggi memiliki antusiasme belajar yang tinggi adalah siswa berhasil fokus dan proaktif dalam mengatasi gangguan belajar. Dukungan orang tua dan guru dibutuhkan untuk memberikan motivasi yang positif, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan membuat metode pengajaran yang menarik. Penelitian ini menemukan bahwa persiapan individu, lingkungan belajar yang baik dan dukungan sosial memengaruhi keberhasilan konsentrasi belajar. Penelitian ini menemukan bahwa kerja sama antara siswa, guru dan orang tua penting dalam membuat strategi pembelajaran yang optimal. Temuan pada penelitian ini dapat menjadikan panduan bagi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi Belajar, Lingkungan Belajar, Strategi Pembelajaran, Dukungan Orang Tua |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Wilda Sujatmika |
Last Modified: | 11 Mar 2025 22:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |