Huda, Miftakhul (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM IMUN YANG MENGINTEGRASIKAN KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SERTA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84205_2015020022.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84205_2015020022_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (196kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84205_2015020022_0729116401_0702078502_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Kompleksitas materi sistem imun dan keragaman level pemahaman peserta didik menjadi tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Hal ini menjadi alasan diperlukannya inovasi pembuatan media pembelajaran interaktif. Modul pembelajaran elektronik sistem imun bertujuan memfasilitasi seluruh peserta didik dari beragam pemahaman dan gaya belajar dengan mengintegrasikan konsep pembelajaran berdifferensiasi dan penguatan literasi dan numerasi, sesuai dengan fokus kurikulum terbaru saat ini. Pengembangan modul elektronik sistem imun menggunakan metode Design Research dengan pendekatan Plom dan Nieveen (2013), meliputi analisis kebutihan(preliminary research), proses pengembangan(prototyping phase), dan fase asesmen(Assesment phase). Hasil penelitian disajikan berdasarkan tahapan penelitian dan dikuatkan melalui kajian pustaka. Preliminary research menganalisis hasil angket yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan modul elektronik sistem imun memang diperlukan, ditunjukkan dengan masih belum paham sepenuhnya tentang materi fagositosis dan inflamasi pada analisis pemahaman awal, beragamnya preferensi belajar peserta didik pada analisis proses pembelajaran, serta tingginya persentase mahasiswa yang setuju tentang pengembangan modul pada analisis pendapat mahasiswa terkait modul elektronik. Prototyping Phase dimulai dari perancangan modul, validasi, hingga uji grup kecil. Perancangan modul meliputi pengembangan webapp menggunakan articulate storyline dan pengembangan back-end menggunakan Google Appscript. Hasil validasi total rata-rata validasi materi, validasi media, validasi praktisi, hingga respon peserta didik berturut-turut yaitu 91,2%(Sangat Valid), 79,16(Cukup Valid), 89%(Sangat Valid), dan 87%(Sangat Baik). Skor yang didapatkan dianggap cukup dan layak lanjut ke fase pengembangan selanjutnya dengan catatan tetap menerima masukkan-masukkan yang telah diberikan. Pembahasan Asesment Phase dimulai dari Perencanaan pembelajaran grup besar yakni membuat modul ajar dan jadwal pelaksanaan. Lalu dilanjutkan dengan proses pembelajaran. Kemudian diakhiri dengan analisis hasil pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan kemampuan mengerjakan soal HOTS berada pada rentang buruk yakni 32,7%. Sedangkan kemampuan studi literatur dan ketrampilan membuat poster berada pada kriteria sedang dengan skor berturut-turut 69,09% dan 72,72%. Analisis respon peserta didik grup besar menunjukkan rata-rata 85%(Sangat baik) yang berarti tidak perlu dilakukan pengembangan ulang dengan catatan tetap melakukan perbaikan berdasarkan masukkan dari peserta grup besar. Penelitian pengembangan ini telah berhasil mengembangkan media ajar yang valid dan baik serta dapat menunjang kegiatan belajar mahasiswa pada materi sistem imun fisiologi hewan dan manusia. Namun perlu perbaikan lebih lanjut terutama pada bagian kompatibilitas pada semua platform.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Pembelajaran Berdiferensiasi, Literasi dan Numerasi |
Subjects: | 200 Animal science > 210 Livestock science 260 Medical science > 283 Clinical pathology 260 Medical science > 312 Immunology 340 Health sciences > 350 General health science 410 Engineering science > 463 Software engineering 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 771 Biology education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miftakhul Huda |
Last Modified: | 06 Mar 2025 15:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17830 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM IMUN YANG MENGINTEGRASIKAN KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SERTA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM IMUN YANG MENGINTEGRASIKAN KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SERTA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |