Analisis Kesulitan Belajar Matematis Siswa Berdasarkan Teori Cooney

Fadilah, Seila Noor (2024) Analisis Kesulitan Belajar Matematis Siswa Berdasarkan Teori Cooney. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2015010036.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010036_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (750kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010036_070596503_0713087101_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika serta faktor penyebab dari timbulnya kesulitan belajar pada siswa. Adapun tujuan penelitia ini yaitu untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Indikator kesulitan belajar siswa menurut Cooney. Menurut teori Cooney, kesulitan belajar matematika dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu (1) Kesulitan menganalisis konsep, (2) Kesulitan dalam menerapkan prinsip, dan (3) Kesulitan menyelesaikan masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab pertanyaan tentang suatu fenomena pada suatu variabel tunggal atau pada korelasi atau perbandingan variabel yang berbeda. Subjek yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas XI di SMK Tamansiswa Kediri. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika yaitu kurangnya siswa dalam memahami konsep matematika dari apa yang sudah dipelajari, tidak mengaitkan konsep yang akan dipelajari atau dicari dengan konsep yang sudah diketahui, tidak mengingat atau mempelajari kembali informasi yang didapat, kesulitan dalam menerapkan prinsip seperti pada saat perhitungan siswa tidak mengingat perumusan yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah. Adapun faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang ditemukan di kelas XI TSM SMK Tamansiswa Kediri meliputi dari faktor keluarga dan faktor sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesulitan belajar siswa, faktor penyebab kesulitan belajar
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Seila Noor Fadilah
Last Modified: 22 Aug 2024 18:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17024

Actions (login required)

View Item View Item