Emilia Putri, Putri (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS PADA SISWA KELAS X SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86201_2014010058.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010058_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (905kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (870kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (886kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (755kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010058_0702068903_0726079001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar rendah di SMK PGRI 4 Kediri. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang sering menyepelekan ketika pelajaran berlangsung dengan bermain handphone dan game, tidur dengan meletakkan kepala di meja, dan izin ke kamar mandi namun tidak kunjung kembali. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan one grup pretest posttest design. Dalam teknik tersebut terdapat satu kelompok untuk diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda yaitu wilcoxon. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah implementasi bimbingan kelompok yang menerapkan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini bisa diamati dari perbandingn nilai rata-rata sebelum dan setelah dilakukannya treatment bimbingan kelompok teknik modeling simbolis. Sebelum dilakukan treatment nilai rata-ratanya yakni 56,25 dan nilai rata-rata setelah di berikan treatment yakni 103,38, maka terjadi peningkatan sebesar 47,13. Selain itu perolehan uji wilcoxon dengan nilai Sig (2-tailed) 0,012 < 0,05 yang mana pada uji hipotesis jika nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Guru bimbingan konseling dapat menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan kepada siswa hendaknya menggunakan teknik yang bervariasi agar siswa tidak mudah bosan dan lebih antusias mengikuti layanan bimbingan konseling sehingga tujuan dari layanan dapat dicapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, motivasi belajar, modeling simbolis |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Emilia Putri |
Last Modified: | 21 Aug 2024 22:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16860 |
Actions (login required)
View Item |