PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA MATERI TEKS FIKSI DONGENG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Makmun, Muhamad Sukron (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA MATERI TEKS FIKSI DONGENG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060284.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060284_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (309kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060284_0713118901_0719017501_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi dan wawancara di SDN Jajar 1, terdapat perrmasalahan bahwa siswa mengalami rendahnya hasil belajar. Hal tersebut disebabkan karena kurang maksimalnya penggunaan bahan ajar yang digunakan untuk proses pembelajaran, sumber belajar hanya buku siswa dan guru cenderung hanya menggunakan metode ceramah. Pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi teks fiksi dongeng siswa mengalami penurunan hasil belajar karena kurang bervariasinya pembelajaran dan tidak ada bahan ajar yang menunjang pembelajaran. Sehingga perlu dikembangkan bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran dengan harapan agar hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggembangkan buku cerita bergambar pada materi teks fiksi dongeng untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan buku cerita bergambar pada materi teks fiksi dongeng untuk meningkatkan siswa sekolah dasar ? (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan buku cerita bergambar pada materi teks fiksi dongeng untuk meningkatkan siswa sekolah dasar ? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan buku cerita bergambar pada materi teks fiksi dongeng untuk meningkatkan siswa sekolah dasar ?. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analisys, Development, Design, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah kelas II SDN Jajar 1 yang berjumlah 20 siswa. Analisis data penelitian menggunakan lembar validasi ahli bahan ajar dan ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Produk ini mendapatkan hasil melalui tahap uji validasi dari ahli bahan ajar, uji validasi ahli materi, angket respon guru dan siswa serta hasil post test. Uji validasi ahli bahan ajar pembelajaran memperoleh 86% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi mendapat 92% dengan kriteria sangat valid. Respon guru memperoleh skor 92% dengan kriteria sangat praktis dan respon siswa memperoleh skor 89% dengan kriteria sangat praktis. Uji coba luas siswa mendapatkan skor 92% dinyatakan sangat efektif. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, hasil belajar
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhamad Sukron Makmun
Last Modified: 16 Aug 2024 15:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16229

Actions (login required)

View Item View Item