PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PALIPA PADA MATERI MENGENALI SIMBOL PANCASILA UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Wedar Puji Marta, Trias (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PALIPA PADA MATERI MENGENALI SIMBOL PANCASILA UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060126.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060126_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (319kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (835kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (240kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060126_0704078402_0728129001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran PPKn materi mengenali simbol Pancasila banyak siswa yang belum memahami materi. Hal tersebut, dapat dilihat saat siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Kurangnya pemahaman siswa dalam materi mengenali simbol Pancasila juga disebabkan karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Hal tersebut dapat membuat siswa tidak tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru. Kurangnya pengembangan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi mengenali simbol Pancasila dapat menurunkan minat belajar dari peserta didik. Akibat dari aktivitas kegiatan pembelajaran di atas siswa menjadi 1) kurang memahami materi yang disampaikan dan 2) tidak adanya siswa yang bertanya atau kurangnya antusias pada kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru dan tanpa ada pembelajaran yang dua arah. Hal itu tampak pada siswa yang tidak termotivasi. Solusi permasalahan di atas, perlu dikembangkan media pembelajaran Palipa ”Papan Lipat”. Palipa merupakan media baru yang inovatif dalam menarik minat siswa kelas II untuk mengenali simbol pancasila. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni : (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Palipa pada materi mengenali simbol Pancasila untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran Palipa pada materi mengenali simbol Pancasila untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Palipa pada materi mengenali simbol Pancasila untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Setonorejo 1 yang berjumlah 15 orang dan SDN Setonorejo 2 yang berjumlah 5 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Hasil validasi yang diperoleh dari validator media mencapai persentase 86% dan validator materi mencapai presentase 90%. Maka hasil kevalidan dari media pembelajaran Palipa pada materi mengenali simbol Pancasila memperoleh rata-rata presentase sebesar 88% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil rata-rata angket respon guru SDN Setonorejo 1 dan Setonorejo 2 mencapai presentase 98% dan hasil angket respon siswa mencapai presentase 92%. Maka hasil kepraktisan dari media pembelajaran Palipa pada materi mengenali simbol Pancasila memperoleh kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari analisis soal evaluasi (post-test) memperoleh rata-rata presentase sebesar 90,9% dengan kriteria sangat efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Palipa, Pancasila
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Trias Wedar Puji Marta
Last Modified: 15 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item