PERANCANGAN SERIOUS GAME SEBAGAI SARANA MELATIH KOGNITIF ANAK UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Pratama, Candra Bagus (2024) PERANCANGAN SERIOUS GAME SEBAGAI SARANA MELATIH KOGNITIF ANAK UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_55201_2013020195.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (662kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (968kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (432kB)
[img] Text (References)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (479kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_2013020195_0729088802_0713028801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_2013020195_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (320kB)

Abstract

Game akhir - akhir ini menjadi alat yang cukup efektif dalam pendidikan. Serious Game ialah salah satu pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan kognitif siswa diluar pembelajaran mata pelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa serious game. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Meliputi Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Serious Game ini dikembangkan dengan software unity. Produk Media yang dikembangkan dapat dikolaborasikan dengan proses pembelajaran sekolah untuk memajukan kognitif siswa. Maka dari itu, tujuan dibuatnya penelitian ini adalah bagaimana mengimplementasikan algoritma a-star pada sebuah game yang akan di uji kepada anak sekolah dasar umur 9 sampai 10 tahun sebagai pemain. Hasil dari game ini memiliki fitur mulai dari penjelasan cara bermain game sampai pengaturan suara pada game dan yang lainnya. Implementasi algoritma a-star pada game “Petualangan dan Arloji” berjalan dengan baik tanpa adanya error ataupun bug.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: a-star, kognitif, serious games
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Candra Bagus Pratama
Last Modified: 14 Aug 2024 07:57
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15319

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item