PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN GAYAM II

Anuhi, Muhammad Anwar (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN GAYAM II. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060275.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (66MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (57MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060275_0710059001_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060275_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Perubahan Wujud Benda merupakan materi pembelajaran IPA yang sangat penting yang harus dikuasai siswa. Materi Perubahan Wujud Benda berguna dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari - hari, contohnya dalam mengetahui proses perubahan wujud zat. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni Bagaiman validitas, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media ajar interaktif berbasis Articulate Storyline pada materi Perubahan Wujud Benda. Berdasarkan hasil observasi di SDN Gayam Ⅱ Kota Kediri, permasalahan tersebut disebabkan kurangnya m dikarenakan keterbatasan media ajar. Selain itu, belum optimalnya penggunaan media pembelajaran saat proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diadakan upaya perbaikan praktik belajar untuk mengubah pandangan negatif siswa terhadap IPA, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dalam membuat media pembelajaran yaitu dengan mengembangkan media ajar interaktif yang berbasis Articulate Storyline. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari media ajar interaktif yang sedang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis campuran yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Mengenai metode kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode analisis data kuantitatif diperoleh melalui angket validasi, angket kepraktisan, dan soal evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan media ajar interaktif berbasis Articulate Storyline yaitu validasi materi diperoleh 85,41% sedangkan validasi media 79,6%. Untuk presentase kepraktisan diperoleh respon guru 75,62% sedangkan 100% untuk respon siswa. Pada kriteria ketuntasan secara klasikal diperoleh 87,5% pada uji kelompok kecil dan 70% dari hasil uji lapangan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar interaktif berbasis Articulate Storyline dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Ajar Interaktif Interaktif, menganalisis, Perubahan Wujud Benda.
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Anwar Anuhi
Last Modified: 14 Aug 2024 08:32
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item View Item