PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ORGAN PENCERNAAN KELAS 5 SDN SUKORAME 2 KEDIRI

Saniq, Ahmad Ali Ulan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ORGAN PENCERNAAN KELAS 5 SDN SUKORAME 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060109.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_20104060109_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (305kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060109_000609801_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ahmad Ali Ulan Saniq. Pengaruh Model pembelajaran Think Pair Share dengan media articulate storyline Terhadap hasil belajar siswa materi organ pencernaan kelas V SDN SUKORAME 2 KEDIRI. Kata Kunci : Think Pair Share, Media Articulate Storyline, Hasil belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya maksimal hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi organ pencernaan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif dan bervariasi, hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan menjadi rendah. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa materi organ pencernaan kelas V yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media articulate storyline di SDN SUKORAME 2 KEDIRI. (2) Adakah perbedaan pengaruh hasil belajar siswa materi organ pencernaan yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media articulate storyline, dengan yang tidak menggunakan model diKelas V SDN SUKORAME 2 KEDIRI. (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share dengan media articulate storyline terhadap hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan Kelas V di SDN SUKORAME 2 KEDIRI Tujuan dalam penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan kelas V yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media articulate storyline di SDN SUKORAME 2 KEDIRI. (2) Untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa materi organ pencernaan yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan dengan media articulate storyline, dengan yang tidak menggunakan model pada siswa Kelas V SDN SUKORAME 2 KEDIRI. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dengn media articulate storyline terhadap hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan kelas V di SDN SUKORAME 2 KEDIRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperimen desain Post-test Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada peneltian ini wawancara, observasi, kuisioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t Independent Samples Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN SUKORAME 2 KEDIRI yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui posttest atau dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (1) diketahui kelas ekserimen mendapatkan nilai rata rata yaitu 80,35 (2) terdapat perbedaan nilai antara kelas kontrol dan eksperimen. Kelas kontrol memperoleh hasil rata – rata 66,78 sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata – rata 80,35. Terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 13,57 (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji menggunakan Independent Samples Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari 0,05, maka dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan di kelas V SDN SUKORAME 2 KEDIRI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Media Articulate Storyline, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 710 Education science > 762 Physical education and health sciences
710 Education science > 771 Biology education
900 Other sciences > 900 Other sciences
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Ali Ulan Saniq
Last Modified: 13 Aug 2024 14:30
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item