TUTURAN PERSUASIF DALAM CROSS SELLING DAN UP SELLING MENU DI FORESTHREE COFFEE KOTA KEDIRI TAHUN 2024

Agustina, Elok Duwi (2024) TUTURAN PERSUASIF DALAM CROSS SELLING DAN UP SELLING MENU DI FORESTHREE COFFEE KOTA KEDIRI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_88201_2014040004.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_88201_2014040004_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (519kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_88201_2014040004_0007075903_070802600_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (943kB) | Request a copy

Abstract

Dunia pemasaran kini didominasi oleh para pelaku usaha bidang makanan dan minuman. Usaha makanan dan minuman paling banyak peminatnya di Pulau Jawa termasuk juga di Kota Kediri adalah warung kopi atau kafe. Inovasi produk harus dilakukan agar usaha bisnis dapat bertahan dan berkembang. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah cross selling dan up selling. Kedua hal itu merupakan strategi dalam penawaran yang menggunakan pola kebahasaan secara pragmatik terutama tindak tutur, karena mereka tidak hanya menyampaikan makna informatif tetapi juga maksud. Penyampaian maksud dibalik tuturan bersifat mempengaruhi untuk membujuk pendengar agar mengikuti keinginan penutur (pramusaji). Hal tersebut, merupakan fungsi dari tuturan persuasif. Penelitian tuturan persuasif dalam cross selling dan up selling menu di foresthree coffee Kota Kediri berfokus pada tuturan oleh pramusaji pada pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tuturan persuasif berdasarkan dasar-dasar persuasif meliputi watak & kredibilitas, pengendalian emosi, dan bukti-bukti kebenaran dalam cross selling dan up selling menu di Foresthree Coffee Kediri tahun 2024, (2) mendeskripsikan tuturan persuasif berdasarkan teknik-teknik persuasif meliputi rasionalisasi, sugesti, konformitas, dan kompensasi dalam cross selling dan up selling menu di Foresthree Coffee Kediri tahun 2024. Secara teoritis penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik, sedangkan secara metodologis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif yang datanya berupa tuturan pramusaji. Instrumen yang digunakan yaitu diri peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis interaktif. Data yang telah dianalisis di uji keabsahannya. Data yang ditemukan digolongkan menjadi dua yaitu dasar-dasar persuasif meliputi 55 watak dan kredibilitas, 10 pengendalian emosi, 33 bukti-bukti kebenaran, dan teknik-teknik persuasif meliputi 10 teknik rasionalisasi, 24 teknik sugesti, 3 teknik konformitas, serta 12 teknik kompensasi. Dari hasil penelitian ini watak dan kredibilitas paling banyak ditemukan, jadi dapat disimpulkan bahwa hal yang paling utama harus dikuasai yaitu watak yang baik dan kredibilitas, sebelum ataupun ketika melakukan persuasif. Berdasarkan data hasil penelitian, ditemukan bahwa bahasa pramusaji dalam melakukan kegiatan penawaran dengan pelanggan telah memenuhi dasar-dasar persuasif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tuturan, Persuasif, Dasar Persuasif, Teknik Persuasif
Subjects: 500 Linguistics > 510 Sub rmpun literature (and language) indonesia and region
500 Linguistics > 520 Linguistics
500 Linguistics > 521 Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Elok Duwi Agustina
Last Modified: 13 Aug 2024 12:59
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15149

Actions (login required)

View Item View Item