Fintarre, Delvia Luce (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "DIORAMA SIKLUS HIDROLOGI" BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SDN TAROKAN 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060273.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060273_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (719kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (605kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060273_0006096801_0714118403_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SDN Tarokan 3 Kediri, bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi siklus hidrologi. Permasalahan tersebut terjadi karena metode pembelajaran yang kurang menarik, kurangnya antusias siswa ketika pembelajaran berlangsung yang hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi dan penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat dan tidak maksimal dikarenakan guru hanya menggunakan gambar sederhana sebagai media pembelajarannya. Sehingga dari permasalahan yang ada tersebut, minat belajar siswa kurang dan hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang juga tidak maksimal. Pada penelitian yang dilakukan ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana kevalidan Media Pembelajaran IPA “Diorama Siklus Hidrologi” berbasis Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas V SDN Tarokan 3 ?. (2) Bagaimana kepraktisan Media Pembelajaran IPA “Diorama Siklus Hidrologi” berbasis Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas V SDN Tarokan 3 ?. (3) Bagaimana keefektifan Media Pembelajaran IPA “Diorama Siklus Hidrologi” berbasis Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas V SDN Tarokan 3 ? . Penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze), (Design), (Development), (Implementation), dan (Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah validaor ahli media, validator ahli materi, guru, dan 30 siswa kelas V SDN Tarokan 3 Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan lembar angket validasi kepada validator ahli, angket respon guru, angket respon siswa, dan soal evaluasi untuk siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Kevalidan yang diperoleh dari media pembelajaran diorama siklus hidrologi yang dikembangkan adalah 88% dengan kategori sangat valid (81% - 100%), (2) Kepraktisan media pembelajaran diorama siklus hidrologi yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 87,13% dengan kategori sangat praktis (81% - 100%). (3) Keefektifan media pembelajaran diorama siklus hidrologi yang telah dikembangkan memperoleh skor rata-rata 100% yang dengan begitu media dapat dikatakan efektif apabila ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa adalah ≥ 85% dari jumlah seluruh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Diorama, Materi Siklus Hidrologi, Talking Stick |
Subjects: | 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Delvia Luce Fintarre |
Last Modified: | 13 Aug 2024 16:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15118 |
Actions (login required)
View Item |