STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK TETUKO DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Wirawan, Adelia (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BATIK TETUKO DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2012010242.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010242_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (985kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010242_0711118603_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya industri batik di Indonesia karena meningkatnya permintaan pelanggan, tetapi juga menghadapi tantangan seperti produktivitas, inovasi, dan persaingan. Dalam menghadapi persaingan, Batik Tetuko harus menciptakan model bisnis yang sesuai dan sukses dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) untuk mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pengembangan yang dilakukan oleh Batik Tetuko melalui Business Model Canvas (BMC) yang diterapkannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer berupa hasil wawancara dengan informan dan observasi yang telah dilakukan sedangkan data sekunder berupa informasi dari dokumen-dokumen atau literatur-literatur dari internet, jurnal, skripsi, dll. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yaitu Pemilik Usaha dan 3 karyawan Batik Tetuko. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan temuan menggunakan uji triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer segments Batik Tetuko adalah masyarakat kelas menengah ke atas usia 20-50 tahun dan pegawai pemerintahan. Value proposition Batik Tetuko yaitu menggunakan kain standar nasional dan menggunakan motif khas Nganjuk. Channels Batik Tetuko menggunakan WhatsApp, komunikasi mulut ke mulut, dan berpartisipasi dalam pameran. Customer relationship yang telah dibangun mencakup berbagai upaya untuk menjaga loyalitas dan kepuasan pelanggan. Revenue streams Batik Tetuko berasal dari penjualan kain batik. Key resources Batik Tetuko berupa bahan baku, peralatan produksi dan memiliki pengrajin yang terampil. Key activities mencakup seluruh proses dari produksi hingga pemasaran. Key partnership berupa kemitraan dengan pemasok bahan baku seperti suplier kain, suplier zat warna, dan suplier lilin batik. Cost Structure Batik Tetuko berkaitan dengan biaya pembelian bahan baku, gaji karyawan, dan perbaikan peralatan. Kesimpulan dari peenlitian ini adalah (1) Penerapan Business Model Canvas pada usaha Batik Tetuko sudah cukup efektif namun belum maksimal. Beberapa blok bangunan seperti customer segments, value propositions, channels, dan revenue streams masih belum optimal, (2) Strategi yang diterapkan Batik Tetuko sudah efektif, namun perlu diperbaiki dengan menyempurnakan model bisnisnya seperti mulai menggunakan E-commerce dan memperluas segmen pelanggannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Business Model Canvas, Usaha Batik
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Adelia Wirawan
Last Modified: 13 Aug 2024 06:28
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15084

Actions (login required)

View Item View Item