Rani, Evika indria and Pitoyo, Andri and Puspitoningrum, Encil (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO YOUTUBE “LAPOR PAK” TRANS 7 TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMAN 6 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Nusantra PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_88201_2014040013.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_88201_2014040013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_88201_2014040013_0012076701_0719068703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Evika Indria Rani: Pengaruh Media Video Youtube “Lapor Pak” Trans 7 Terhadap Keterampilan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024, Skripsi, PBSI, FKIP, UN PGRI Kediri, 2024 Kata Kunci : keterampilan menulis, teks anekdot, media video youtube. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang produktif dianggap sebagai keterampilan yang membutuhkan perhatian lebih dibandingkan keterampilan lainnya. Keterampilan menulis menjadi sebuah metode ekspresif yang dapat mendukung kinerja belajar siswa. Keterampilan ini tidak bisa diturunkan tetapi wajib banyak berlatih dan praktik secara terus menerus, karena suatu keterampilan berbahasa kegiatan menulis merupakan sesuatu yang kompleks. Menulis mempunyai makna menuangkan ide,gagasan, dan perasaan dalam bentuk bahasa tulis sehingga orang yang membaca dapat memahami isi. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia salah satu teks yang harus dipelajari oleh siswa sekolah menengah atas adalah teks anekdot. Teks anekdot adalah sebuah cerita yang bertujuan untuk menyampaikan sebuah kritikan atau sindiran melalui lelucon. Dalam pembelajaran teks anekdot media video youtube “Lapor Pak” dinilai dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis, karena video tersebut berisi sebuah candaan berupa sindiran yang berkaitan dengan teks anekdot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes menulis teks anekodot. Subjek penelitian ini adalah siwa kelas X SMAN 6 Kediri. Teknik analisis yang digunakan adalah independent sample ttest dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian diperoleh kelas yang mendapatkan perlakuan media video youtube “Lapor Pak Trans 7” mengalami peningkatan nilai tes. Artinya, media video youtube “Lapor Pak Trans 7” berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Hasil kolom t-test for equality of means yang sejajar dengan baris equal variances assummed menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari batas toleransi 0,05 (5%) dan nilai t-hitung = 5,839 > t-tabel = 1.99085, maka dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam penerimaan hipotesis penelitian independent samples t-test dengan penerimaan H1 dengan kesimpulan bahwa, ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, hendaknya guru Bahasa Indonesia dapat memanfaatkan media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif, menentukan media yang tepat tentu dapat memberikan dampak positif meningkatkan antusiasme siswa dan rasa ingin tahu selama proses pembelajaran. Salah satunya adalah media video youtube yang dinilai tepat untuk materi pelajaran menulis teks anekdot
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, teks anekdot, media video youtube |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Evika Indria Rani |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:59 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15012 |
Actions (login required)
View Item |